Geser OPPO, Xiaomi Jadi Vendor Smartphone Terbesar Kedua Indonesia

Desy Setyowati
10 September 2018, 14:07
Xiaomi Mi6
Xiaomi
Xiaomi Mi6

Firma riset internasional Data Corporation (IDC) mencatat, penjualan ponsel pintar (smartphone) tumbuh 18% secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 9,4 juta unit sepanjang Kuartal II-2018. Menariknya, Xiaomi menggeser posisi OPPO menjadi vendor terbesar kedua di Indonesia.

Sepanjang April-Juni 2018, pangsa pasar Xiaomi mencapai 25% dari total penjualan smartphone di Tanah Air. Jumlah tersebut naik signifikan dibanding periode sama tahun lalu yang sebesar 3%. "Xiaomi muncul sebagai kuda hitam di pasar smartphone Indonesia," ujar analis IDC Risky Febrian dalam laporannya, akhir pekan lalu (7/9).

Rizky menyampaikan, kampanye pemasaran Xiaomi lebih minim dibanding OPPO ataupun Vivo. Kendati begitu, harga yang ditawarkan Xiaomi lebih kompetitif dibanding dua pesaingnya itu. Padahal spesifikasi produk-produknya tak kalah jauh dari pesaing. "Hal ini menjadi nilai lebih tinggi bagi pengguna," katanya.

Oleh karenanya, ia tak heran pangsa pasar Xiaomi tumbuh delapan kali lipat dibanding periode sama tahun lalu. "Dengan strategi (harga murah) ini, Xiaomi secara bertahap menyusul dan memperoleh mindshare dan pangsa pasar yang signifikan," kata dia.

(Baca juga: McKinsey: Pasar E-Commerce RI Melonjak Jadi Rp 910 Triliun pada 2022)

Sebelumnya, Xiaomi berjanji untuk hanya mengambil untung maksimal 5% dari penjualan perangkat keras, termasuk telepon seluler (ponsel). Langkah yang oleh CEO Xiaomi Lei Jun diklaim untuk mewujudkan visi "inovasi untuk semua orang" ini dikritik sebagai strategi marketing belaka.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...