Kemenpora Beri Penghargaan Insan Olahraga pada Puncak Haornas 2018

Image title
Oleh
10 September 2018, 15:30
Haornas
Katadata

Ternate: Menteri Pemuda dan Olahraga memimpin puncak perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-35, 2018 di Ternate yang berlangsung meriah meski di tengah guyuran hujan.  Menpora dalam kesempatan tersebut menyerahkan beberapa penghargaan kepada pelaku olahraga, pembina, dan penggerak olahraga yang dipusatkan di Stadion Sepakbola Kie Raha Kota Ternate, Maluku Utara, Minggu (9/9) malam.

Para Penerima Penghargaan pada Puncak Haornas ke-35 Tahun 2018, Kategori Pelaku Olahraga, (Komang Budagama, Fransiska Dimitri, Mathilda Dwi Lestari, Ryan Febriansyah, Galang Hendra Pratama, Rosida, S.Pd, Fachry Husaini, Nurul Fattilah Kamalia Syah, Ibnu Katsir, William dan Meylani Mamangkey. Untuk kategori Pembina dan Penggerak Olahraga (Hasan Basri, Burhan Abdurahman, Irjen Royke Lumowa, dan Sahbirin Noor. Penghargaan juga diberikan kepada Oesman Sapta Odang, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Sri Puguh Budi Utami, Dodi Reza Alex Noerdin,  Dadang M. Naser, dan Anggia Ermarini. “Selamat kepada pahlawan olahraga para tokoh masyarakat, guru, wasit, pelatih, Panglima TNI, Kapolri, Kapolda Maluku yang telah menerima penghargaan," kata  Menpora.

Kirab obor APG 2018 sendiri, dilaksanakan di Ternate, yang juga merupakan kota yang melahirkan atlet peraih medali perunggu dari cabor tinju di Asian Games lalu.

Beberapa pertunjukkan tarian kolosal bertemakan Timurku Indonesia Berjaya dengan tarian Soya-soya, senam Poco-poco, dan senam SKJ Jadul menambah kehangatan di tengah cuaca dingin guyuran hujan. Acara semakin semarak tatkala Obor Asian Para Games, yang diserahkan Walikota Ternate kepada Ketua Inapgoc diiringi 43 bendera negara peserta APG 2018.

Menurut Menpora, Haornas tahun ini adalah pertama kali diselenggarakan di luar pulau Jawa yang menandakan Haornas dan olahraga adalah milik bersama rakyat Indonesia, dan bangsa-bangsa di dunia. Ini merupakan upaya menyosialisasikan bahwa berolahraga akan semakin sehat, bugar, semakin kuat soliditas, dan solidaritas sesama anak bangsa. 

Presiden Joko Widodo lanjutnya, menjadikan semangat sukses Asian Games sebagai alat pemersatu bangsa. Presiden terus mendorong dan mendukung karena olahraga bukan semata-mata meraih medali tetapi ingin mengangkat harkat dan martabat bangsa di dunia. 

"Kami ucapkan terimakasih kepada atlet, pelatih, ofisial, CdM dan seluruh tim pendukung atas perjuangannya dalam mengakat harkat martabat bangsa dalam Asian Games 2018 dan yang belum berhasil kami tetap bangga dan kami berikan penghargaan yang setinggi-tingginya," kata Menpora dalam sambutannya.  Asian Para Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Jawa barat juga menjadi momentum penting, karena para atlet disabilitas juga memiliki cita-cita untuk mengumandangkan Indonesia Raya dan mengibarkan Merah Putih di mata dunia.  

Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement