Begini Susunan Direksi Pertamina Setelah Pahala Jadi Direktur Keuangan

Anggita Rezki Amelia
13 September 2018, 11:38
Pertamina
Katadata | Arief Kamaludin

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali merombak jajaran direksi PT Pertamina (Persero) pada Kamis, (13/9). Kali ini setidaknya ada tiga jabatan di perusahaan pelat merah itu yang dirombak.

Salah satu posisi yang dirombak adalah Direktur Keuangan. Posisi yang dulunya ditempati Arief Budiman kini diisi Pahala Nugraha Mansury. Pelantikan Pahala berdasarkan Surat Keputusan No. 242/MBU/09/2018, tanggal 13 September 2018, tentang Pemberhentian, Pengalihan Penugasan dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan PT Pertamina.

Saat dikonfirmasi Katadata.co.id, Pahala tidak menampik tentang jabatan barunya itu. "Betul, " kata dia kepada Katadata.co.id, Rabu (13/9).

Pahala bukan orang baru bekerja di perusahaan BUMN. Ia pernah menjadi Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk sejak April 2017. Namun, posisi itu harus dilepas mulai Rabu, 13 September 2018.  

Sebelum di Garuda, Pahala juga sempat bekerja di PT Bank Mandiri. Tahun 2010 ia ditugaskan  Kementerian BUMN menjadi Direktur Finance and Strategy Bank Mandiri.

Pahala merupakan alumni Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI). Gelar MBA Finance diperolehnya dari Stern School of Business, New York University, Amerika Serikat.

Pahala juga pernah bekerja sebagai Senior Consultant di Booz Allen Hamilton, dan Project Leader pada The Boston Consulting Group hingga 2003. Ia pernah meraih kualifikasi sebagai CFA Charterholder dari CFA Institute.

Selain Pahala, ada Ignatius Tallulembang yang dilantik mejadi  Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina. Pelantikannya ini berdasarkan Surat Keputusan No. 242/MBU/09/2018. Posisi ini dulunya dijabat oleh Heru Setiawan.  Ignatius Tallulembang sebelumnya menjabat sebagai Senior Vice President Project Execution Direktorat Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia.

Riwayat pendidikan Ignatius adalah Sarjana Teknik Kimia Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Ia juga merupakan Komisaris di PT Pertamina Lubricant.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...