Kinerja Anggaran Kementerian Pertanian Dipuji DPR

Image title
Oleh
13 September 2018, 11:05
Mentan dan Komisi IV DPR
Katadata

Jakarta – Ketua Komisi IV DPR RI, Edi Prabowo mengapresiasi upaya Kementerian Pertanian (Kementan) menguatkan nilai tukar rupiah atas dolar AS yang tengah jatuh. Apresiasi juga diberikan atas upaya Kementan terus meningkatkan investasi asing di sektor pertanian.Apresiasi ini disampaikan dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi IV DPR RI dengan Kementerian Pertanian, di Gedung DPR RI Rabu (10/9/2018), dengan agenda membahas Rancangan Anggaran tahun 2018, penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan isu-isu faktual.  “Kementan selain fokus terhadap pembangunan pertanian, Kementan juga berhasil membawa investor untuk berivestasi di indonesia. Harusnya ini dapat ditiru oleh kementerian lain,” puji Edi Prabowo. 

 

Sementara itu, dalam pidato pengantarnya, Mentan Amran Sulaiman  fokus  kerja 2019, yaitu program Pengembangan Infrastruktur dan Korporasi Petani untuk Percepatan Peningkatan Produksi dan Ekspor Pangan, serta Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Miskin. Kegiatan utama dalam program pertama produksi  dan  perbanyakan  benih melalui pengembangan  nursery/kebun  benih/bibit.

 

Program kedua, peningkatan  penyediaan  air  melalui perbaikan jaringan irigasi dan pembangunan embung, long storage, dam parit, dan ketiga modernisasi pertanian melalui peningkatan bantuan alsintan. Program keempat, meliputi pengembangan komoditas strategis padi, jagung, kedelai, gula, daging sapi/kerbau, cabai, dan bawang merah. Program kelima tentang percepatan peningkatan bawang putih dan pengembangan komoditas substitusi impor, dan keenam penyediaan serta perbanyakan indukan sapi dan UPSUS SIWAB.

 

Program ketujuh pencetakan sawah di wilayah perbatasan dan daerah pengembangan baru dan optimasi lahan kering dan lahan rawa. Kedelapan, adalah peningkatan pendidikan dan pelatihan vokasional, serta program kesembilan pengembangan lumbung pangan berorientasi ekspor di daerah perbatasan.Terakhir program kesepuluh adalah pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat petani miskin di perdesaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement