Tak Hanya Jakarta, Ojek Online dan Tradisional Kerap Bentrok di Hanoi

Ameidyo Daud Nasution
13 September 2018, 20:14
Ricuh Gojek vs Taksi di Solo
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Ilustrasi bentrok pengemudi transportasi online

Kedatangan Go-Viet di Hanoi, Vietnam ternyata tidak serta merta membuat pengemudi transportasi umum lain menyambut dengan baik. Layaknya di Jakarta, ada pula kasus bentrokan yang terjadi antara pengemudi transportasi online roda dua dengan pengemudi tradisional di Ibu Kota Vietnam tersebut.

Salah satu pengemudi yang baru bergabung dengan Go-Viet bernama Nguyen Anh Tuan menceritakan pengalamannya menjadi pengemudi transportasi berbasis aplikasi. Saat menjadi pengemudi aplikasi lain, pernah ada kejadian bentrok antara transportasi tradisional dengan driver online.

Advertisement

"(Pernah) ada beberapa kejadian bentrok (antara pengemudi tradisional dengan online)," kata Nguyen kemarin dalam sebuah sesi wawancara dengan awak media di sebuah kedai kopi di Hanoi, Rabu (12/9).

(Baca: Jempol Jokowi untuk Go-Jek di Vietnam)

Tidak jauh berbeda dengan Jakarta, kejadian bentrok biasanya terjadi di  transportasi umum seperti halte bus yang menjadi persimpangan penumpang. Namun menurut pria yang pernah bekerja sebagai mitra transportasi online lainnya, pengemudi telah mengetahui bagaimana menghindari bentrokkan.

"Paling tidak kami yang menunggu pelanggan (datang) atau mereka yang melambaikan tangan," kata dia.

Meski begitu, Founder Go-Jek Nadiem Makarim menyatakan tidak ada masalah besar antara transportasi online dengan tradisional. Nadiem juga mengatakan keputusan penggunaan nama Go-Viet untuk memastikan brand dimiliki oleh Vietnam. "Jadi tidak ada isu (seperti) Go-Jek dan (ojek) tradisional," kata Nadiem.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara juga masih meyakini Go-Viet dapat berjalan dengan baik di Vietnam. Dia yakin Pemerintah Vietnam akan membuat regulasi yang mendukung model bisnis seperti aplikasi online. "Di Indonesia saja bisa jalan." kata dia.

(Baca: Gandeng Moca, Grab Luncurkan Uang Elektronik di Vietnam)

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement