Sinyal Ketiadaan Integrasi Antara Aplikasi Go-Jek dengan Go-Viet

Penulis: Ameidyo Daud

Editor: Safrezi Fitra

Jum'at 14/9/2018, 15.02 WIB

"Karena kami ingin (membuat) aplikasi yang (bersifat) lokal," kata Chief Corporate Affairs Go-Jek Nila Marita

Go-Jek Vietnam, Go-Viet
Facebook/Go-Viet
Pengemudi Go-Viet, yang merupakan jelmaan Go-Jek di Vietnam.

Go-Jek memberi sinyal adanya aplikasi yang terpisah dengan produk teranyar mereka di Vietnam yakni Go-Viet dengan aplikasi Go-Jek di Indonesia. Hal ini lantaran Go-Jek ingin memberi kesempatan pasar Vietnam menentukan sendiri aplikasi lokalnya ke depan.

Pada aplikasi Go-Jek Indonesia, saat ini telah ada 19 produk jasa yang ditawarkan. Sedangkan untuk Go-Viet baru satu yakni fitur sejenis Go-Ride atau transportasi roda dua. Tanpa integrasi ini tentunya pengguna Go-Jek tidak dapat menggunakan aplikasi tersebut di Vietnam, begitu pula sebaliknya.

"Karena kami ingin (membuat) aplikasi yang (bersifat) lokal," kata Chief Corporate Affairs Go-Jek Nila Marita beberapa hari lalu di Hanoi.

(Baca: Persaingan Go-Jek dan Grab Melebar ke Bisnis Konten dan Investasi)

Founder Go-Jek Nadiem Makarim beralasan adanya nama berbeda di Vietnam agar masyarakat di negara tersebut merasa memilikinya. Namun dia menjanjikan beberapa fitur yang ada di Go-Jek juga akan hadir di Go-Viet. "Yang penting rasa kepemilikan pelanggan," kata Nadiem.

Dia juga membebaskan selaku CEO Go-Viet Nguyen Vu Duc menciptakan identitas baru terhadap operasional aplikasi ini. Oleh sebab itu para pengemudi menggunakan jaket merah lengkap dengan gambar bintang khas negara tersebut. Go-Jek bukan ego besar (yang ditunjukkan), tapi rasa kepemilikan pelanggan," ujarnya.

Sedangkan Duc menargetkan hingga awal tahun depan akan ada empat fitur yang dapat digunakan di aplikasi Go-Viet. Keempatnya adalah Go-Ride, Go-Car, Go-Food, serta e-Wallet sejenis Go-Pay. Menurutnya empat hal ini merupakan hal yang dibutuhkan pasar Vietnam.

"Ini yang paling penting untuk pasar Vietnam," kata Duc. (Baca: Jempol Jokowi untuk Go-Jek di Vietnam)

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha