Panser Komodo Buatan Pindad Ditargetkan Gunakan Biodiesel B50

Michael Reily
15 September 2018, 17:31
Alutsista TNI
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) TNI di depan Trans Studio Mall, Bandung, Jawa Barat, Selasa (3/10).

PT Pindad (Persero) menargetkan penggunaan  biodiesel 50% pada pencampuran minyak solar atau B50 pada panser tempur produksi perseroan berbobot 7,5 ton yang bisa memuat 10 orang dengan kapasitas bensin 200 liter yang diberi nama Komodo.

Direktur Utama Pindad Abraham Mose menyatakan Komodo merupakan salah satu produk yang telah menggunakan B20. “Kami mencoba untuk B50, sekarang sedang ada perubahan pada nozzle dan filter,” kata Abraham di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (15/9).

Dia mengungkapkan pada komponen noozle dan filter saat ini masih memiliki kendala dalam penggunaan bahan bakar minyak nabati. Alasannya, minyak nabati mengeluarkan limbah glyserin yang akan mengganggu proses kerja pada kedua komponen.

Karenanya, persroan mulai bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk meneliti jenis biodiesel yang tidak mengganggu kinerja mesin. “Ada penelitian untuk penciptaan green biodiesel supaya unsurnya menjadi lebih murni dan limbahnya dihilangkan,” ujar Abraham.

(Baca : Dua Pekan Diluncurkan, Realisasi Penggunaan B20 Telah Mencapai 80%)

Komodo merupakan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) sudah digunakan di dalam negeri sejak 2012.  Komodo juga merupakan komoditas ekspor dari sektor pertahanan dan keamanan. Selain Komodo, penggunaan biodiesel juga akan diterapkan untuk Anoa, panser Pindad dengan kapasitas lebih besar berbobot 11 ton.

Selain itu, alat mesin pertanian (alsintan) dan alat berat seperti ekskavator juga akan diuji coba dengan B20. Pengembangan inovasi pada produk Pindad  diharapkan mampu berkontribusi terhadap penurunan  impor alat berat. 

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...