ITB Siap Laporkan Pengembangan Bioavtur ke Presiden Awal 2019

Michael Reily
17 September 2018, 09:42
Kelapa sawit
Arief Kamaludin|KATADATA
Kelapa sawit merupakan salah satu sektor unggulan yang menghasilkan devisa terbesar bagi ekonomi Indonesia.

Institut Teknologi Bandung (ITB) tengah melakukan pengembangan terkait penggunaan bahan bakar nabati berbasis minyak sawit dalam campuran untuk avtur (bioavtur). Rencananya, laporan awal pengembangan bioavtur akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo pada awal tahun depan.

Guru Besar Teknik Kimia ITB Soebagjo menyatakan pengembangan penelitian penggunaan bioavtur berada dalam uji coba untuk pesawat angkutan umum ukuran besar seperti Boeing dan Airbus. “Kami usahakan awal tahun depan sudah selesai,” kata Soebagjo di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (15/9) lalu.

(Baca :  Mendag Tawarkan Kerja Sama Pengembangan Bioavtur ke Boeing)

Dia menjelaskan, tim riset asal Singapura juga sedang melakukan pengembangan penggunaan bioavtur, sehingga para peneliti di Indonesia mencoba untuk bergerak cepat. Nantinya, penggunaan bioavtur bercampur minyak nabati dari minyak kelapa sawit akan segera dipatenkan.

Soebagjo mengatakan para peneliti mencoba melakukan pencampuran secara bertahap kandungan minyak kelapa sawit dalam bioavtur. “Untuk berapa persennya akan kami sesuaikan sampai tahap mana kemampuannya,” ujarnya.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang melakukan kunjungan ke ITB mengatakan, penggunaan bioavtur akan menambahkan devisa negara. Sebab, dalam proses lobi Indonesia dengan beberapa negara telah memasukkan bioavtur sebagai persyaratan perdagangan, seperti yang dilakukan dengan Boeing dan Airbus di Amerika Serikat (AS).

(Baca : Siasat Lion Air Memborong Pesawat untuk Menghambat Pesaing)

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...