Amazon Berencana Buka 3.000 Toko Tanpa Kasir

Desy Setyowati
20 September 2018, 09:57
Amazon Locker
ANTARA FOTO/REUTERS/Lucy Nicholson
Seorang pria berjalan melewati iklan Loker Amazon di depan toko makanan di Santa Monica, California, Amerika Serikat, Senin (19/3).

Perusahaan e-commerce  Amazon.com Inc berencana membangun 3.000 toko tanpa kasir bernama Amazon Go hingga 2021. Hanya, menurut salah seorang narasumber, CEO Amazon Jeff Bezos masih bereksperimen terkait format toko.

Misalnya, toko yang menyediakan bahan makanan segar atau terbatas pada kelontong saja, seperti 7-Eleven, Alfamart, dan Indomart. "Bisa juga toko di mana pelanggan bisa mengambil langsung produk dengan cepat seperti di Inggris," ujar sumber tersebut, dikutip dari Bloomberg, Kamis (20/9).

Advertisement

Hanya, juru bicara Amazon enggan mengkonfirmasi rencana tersebut. Yang pasti, Amazon butuh dana besar untuk merealisasikannya. Sebab, harga satu perangkat mesin kasir pintar mencapai lebih dari US$ 1 juta atau Rp 14,8 miliar.

Di lain kesempatan, Bezos mengatakan dirinya sangat tertarik membangun toko secara fisik dengan konsep yang baru. Bahkan, dirinya siap merugi di awal untuk merealisasikan keingiannya itu.

Amazon pertama kali meluncurkan toko tanpa kasir di dekat kantor pusatnya, di Seattle, Amerika Serikat (AS) pada 2016. Setelah itu, Amazon membangun dua toko lainnya di Seattle dan Chicago. Namun, dua toko baru itu menyajikan salad, sandwich dan makanan ringan saja.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement