Irwan Ekaputra, Guru Besar FEUI Meneliti Stabilitas Bank Islam

Tim Riset dan Publikasi
24 September 2018, 14:47
Irwan Adi Ekaputra
feb.ui.ac.id

Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) Irwan Ekaputra bersama Titi Dewi Warnida, SE, M.Si  dari UIN Syarif Hidayatullah, terpilih menjadi salah satu finalis “LPS Call for Research”, yang digelar oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Keduanya bekerja sama dalam penelitian yang diberi judul Impact of Profit-Loss Sharing System on Islamic Bank Stability.

Sejak Januari 2015, Profesor Irwan  menjabat sebagai Presiden Indonesia Finance Association (IFA).  IFA merupakan organisasi nirlaba yang didirikan untuk mengembangkan jaringan yang kuat di kalangan akademisi, bisnis, regulator, dan ahli keuangan di Indonesia, terutama di bidang keuangan perusahaan, pasar modal, keuangan internasional, dan lembaga keuangan. Dia juga menjadi salah satu anggota Asian Finance Association, semenjak 2014.

Advertisement

Fokus riset Profesor Irwan adalah  pasar mikro, perilaku keuangan, harga aset, dan perbankan. Ulasannya tentang saham bertebaran dalam berbagai jurnal sejak 2006. Antara lain  Foreign Institutional Ownership and Stock Return Volatility in Indonesia”, yang dipublikasikan di Jurnal Keuangan dan Perbankan (2015)  dan  Impact of interest margin, market power and diversification strategy on banking stability: Evidence from ASEAN-4”, yang dipublikasikan di  Asian Journal of Business and Accounting (2017)

Profesor Irwan dikukuhkan sebagai sebagai Guru Besar Tetap Bidang Manajemen  pada 2017 lalu, dan menyampaikan pidato pengukuhan bertajuk  “Socially Responsible Investing (SRI)” sebuah cabang dalam ilmu keuangan yang mempelajari fenomena investasi modal pada perusahaan yang tidak hanya memperhatikan keuntungan finansial, namun juga memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola. Dia menyoroti investasi yang tidak hanya memperhatikan interaksi antara faktor risk (risiko), return (imbal hasil), dan liquidity (likuiditas), namun juga  sustainability (kesinambungan), meliputi kesinambungan kegiatan usaha, kelestarian alam, dampak sosial, dan tata kelola perusahaan. Itu sebab menurut Irwan, penggunaan clean technology menjadi signifikan dalam SRI.

Sementara itu, Titi Dewi Warnida, SE, M.Si merupakan peneliti dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.  Titi tengah menempuh studi doktoral bidang keuangan  di Universitas Indonesia (UI). Pendidikan masternya diselesaikan di UI untuk bidang studi Manajemen Keuangan.

Salah satu karya ilmiah Titi berjudul “Efficiency-Profitability Mapping of Shipping and Marine Transportation Companies: Evidence from Indonesia”, dipublikasikan di Mediterranean Journal of Social Sciences pada 2015. Titi banyak menulis tentang ulasan keuangan syariah. Karyanya, Dynamic Model of Islamic Bank Profitability, Journal of Islamic Banking and Finance, (2013) dipublikasikan di Jurnal Esensi. Bersama Profesor Irwan, Titi juga tengah menyusun ulasan bertajuk “Do mudarabah and musharakah financing impact Islamic bank credit risk differently?”

Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement