Amazon Masuk Indonesia, CEO Tokopedia: UMKM Harus Go-Online

Desy Setyowati
25 September 2018, 18:57
Tokopedia
Dok: Tokopedia

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) Amazon Inc berencana masuk ke Indonesia dengan investasi US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,5 triliun dalam 10 tahun ke depan. Chief Executive Officer (CEO) Tokopedia William Tanuwijaya mengimbau agar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) segera berbisnis di e-commerce untuk meningkatkan daya saing menghadapi masuknya pemain asing.

Amazon berniat berinvestasi di bidang komputasi awan (cloud computing) lewat anak usahanya, Amazon Web Service (AWS). Namun, bukan tidak mungkin bisnis retailnya yakni Amazon.com bakal masuk ke Indonesia. "UMKM dan brand (merek) di Indonesia yang belum online, harus cepat (berbisnis) online," ujar William, di sela-sela konferensi pers The World Conference on Creative Economy (WCCE), di Jakarta, Selasa (25/9).

Menurut William, UMKM dan industri retail di Indonesia bisa memperluas pasar dengan memanfaatkan e-commerce. Selain itu, UMKM dan industri retail bisa meningkatkan kapasitas baik dari sisi produktivitas ataupun cakupan bisnisnya sehingga bisa bersaing dengan produk-produk asing. "Hanya ketika mereka menjadi brand kelas dunia lah, brand itu punya daya saing," ujarnya.

(Baca: Amazon Akan Investasi Rp 14,5 Triliun di Indonesia dalam 10 Tahun)

Belajar dari Alibaba

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...