Pertamina Sebut Produksi Migas Blok Mahakam Mulai Meningkat

Anggita Rezki Amelia
26 September 2018, 22:21
Ambil Alih Lapangan Migas Blok Mahakam
Arief Kamaludin|KATADATA
Pekerja sedang beraktifitas pada North Processing Unit (NPU) wilayah kerja Blok Mahakam di Kutai Kartanegara, Minggu (31/12).

PT Pertamina (Persero) menyatakan produksi Blok Mahakam di Kalimantan Timur mulai meningkat. Penyebabnya karena sejumlah pengeboran telah selesai.

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito mengatakan hingga kini, produksi minyak dan gas bumi (migas) Blok Mahakam mencapai 1,3 juta barel minyak setara minyak per hari (bsmph). "Sudah naik lagi, belum kembali seperti semula tapi sudah naik, " kata dia di Jakarta, Rabu (26/9).

Untuk menggenjot produksi Mahakam tahun ini, Pertamina akan mengebor 69 sumur. Dari target itu, sudah selesai 41 sumur. Sebanyak 38 sumur sudah produksi. Sisanya akan selesai sampai akhir tahun.

Selain pengeboran, Pertamina berencana melakukan pengerjaan ulang (workover) 132 sumur dan 5623 perbaikan sumur. Lalu, pengembangan lanjutan lima lapangan migas di Blok Mahakam. Total investasi untuk itu US$ 700 juta dan biaya operasi US$ 1,1 miliar.

Sementara itu, Lapangan Handil yang bagian dari Wilayah Kerja (WK) Mahakam yang sejak 1 Januari 2018, berhasil menambah produksi minyaknya sebesar 1.057 barel  per hari (bph), dan gas sebesar 2,6 MMscfd. Ini berasal dari sumur H-L-174 yang mulai berproduksi pada 21 September 2018.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...