Anies Cabut Izin Reklamasi Teluk Jakarta, Sebagian Pengembang Pasrah

Dimas Jarot Bayu
27 September 2018, 11:55
Reklamasi Pulau C dan D
Arief Kamaludin|KATADATA
Pembangunan di lokasi reklamasi Pulau C-D, di Kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Rabu, (04/05/2016)

PT Jakarta Propertindo (JakPro) menyatakan akan mematuhi keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mencabut seluruh izin proyek reklamasi Teluk Jakarta. Meski menjadi salah satu pengembang pulau reklamasi, JakPro tak akan mengambil langkah hukum atas keputusan tersebut.

“Tidak akan menggugatnya. Kami patuh pada keputusan Pak Gubernur (Anies Baswedan),” kata Corporate Secretary JakPro Hani Sumarno ketika dihubungi Katadata.co.id, Kamis (27/9). (Baca juga: Gubernur Anies Cabut Seluruh Izin Reklamasi Teluk Jakarta).

Hani tak menampik ada konsekuensi kerugian dari dihentikannya izin reklamasi. Namun, di sisi lain, sebenarnya JakPro juga diuntungkan. Misalnya, tak perlu susah payah mencari investor untuk pembangunan pulau.

Hal serupa juga disampaikan Corporate Secretary PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Agung Prapono. Menurutnya, Ancol akan mengikuti aturan yang berlaku.

Sebagai badan usaha milik daerah (BUMD), PT Pembangunan Jaya tak akan mengajukan gugatan hukum. “Kami pasti ikuti aturan. Dari awal ada moratorium, kami ikut juga,” kata Agung.

Hanya saja, pihak Ancol belum mengetahui apa saja efek dari pencabutan izin reklamasi, yang saat ini masih dikaji. Agung tak mau gegabah menyimpulkan keputusan Anies akan merugikan Ancol sebagai pengembang. Apalagi, keputusan tersebut baru sehari sehingga terlalu cepat menilai untung-ruginya.

Sementara itu, PT Kapuk Naga Indah (KNI) belum mau menanggapi pencabutan izin ini. Kuasa hukum KNI Kresna Wasedanto mengatakan masih membahas secara internal. “Maaf saya lagi rapat, saya belum bisa komentar dulu,” kata Kresna.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...