Jual Adira Insurance ke Zurich, Danamon Kantongi Rp 3,9 Triliun

Hari Widowati
27 September 2018, 14:14
Bank Danamon
Arief Kamaludin|Katadata

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) menjual 70% sahamnya di PT Asuransi Adira Dinamika (Asuransi Adira) kepada Zurich Insurance Company Ltd senilai Rp 3,9 triliun. Dengan akuisisi ini, Zurich akan menjadi perusahaan asuransi properti dan kerugian yang terbesar di Indonesia.

Dalam perjanjian jual beli saham bersyarat atau Conditional Shares Sales Agreement (CSSA) ada tiga pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut, yakni PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Willy Suwandi Dharma, dan Zurich Insurance. Danamon melepas 70% saham sedangkan Willy melepas 10% sahamnya sehingga Zurich akan memiliki 80% saham Asuransi Adira.

Sekretaris Perusahaan Bank Danamon Rita Mirasari mengatakan, pasca transaksi tersebut kepemilikan saham Bank Danamon di Asuransi Adira akan turun menjadi 20%. "Rencana penjualan saham diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perseroan, pemangku kepentingan, dan pemegang saham perseroan serta Asuransi Adira," kata Rita dalam keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, Kamis (27/9).

CSSA tunduk pada sejumlah persyaratan, termasuk persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap perubahan pemegang saham pengendali. Setelah transaksi ini tuntas, Danamon akan mencatatkan keuntungan modal dari penjualan saham tersebut. Sementara itu, laporan keuangan Asuransi Adira tidak akan dikonsolidasikan lagi ke laporan keuangan Bank Danamon.

Kabar divestasi saham Bank Danamon di Asuransi Adira direspons positif oleh para pelaku pasar. Hingga sesi pertama perdagangan, harga saham emiten berkode BDMN ini naik 0,7% menjadi Rp 7.175 per saham.

(Baca: Semester I 2018, Laba Bank Danamon Turun 1,3%)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...