BMKG Pastikan Tsunami 0,5 Meter hingga 3 Meter di Palu

Dimas Jarot Bayu
28 September 2018, 22:55
BMKG Tunjukan Proyeksi Tinggi Gelombang
Antara Foto/ Asep Fathulrahman
Ilustrasi BMKG yang tengah menunjukan informasi area sebaran tinggi gelombang di Laboratorium BMKG Serang, Banten.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan telah terjadi tsunami di wilayah Palu, Donggala, dan Mamuju, Sulawesi Tengah. Di Palu, tsunami diperkirakan terjadi sekitar pukul 17.22 WIB atau 18.22 WITA dengan level siaga dan dengan ketinggian sekitar 0,5-3 meter.

Sementara di Donggala dan Mamuju, BMKG memperkirakan tsunami terjadi dengan tingkat waspada, yakni dengan  ketinggian kurang dari 0,5 meter. "Artinya memang benar telah terjadi tsunami 1,5 meter," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam video conference dari Yogyakarta, Jumat (28/9) malam.

Advertisement

Dwikorita mengatakan, tsunami tersebut muncul akibat adanya gempa bumi sebesar 7,7 SR yang berjarak 26 KM di utara kota Donggala pada koordinat 0,20 LS dan 119,89 BT. Gempa tersebut terjadi pada Jumat (28/9) pukul 17.02 WIB atau pukul 18.02 WITA.

Gempa tersebut terjadi akibat aktivasi sesar geser palu koro. "Jadi di situ terjadi mekanisme pergerakan dari struktur gempa mendatar," kata Dwikorita.

BMKG telah mengumumkan peringatan dini tsunami  lima menit setelah kejadian gempa. Peringatan dini diumumkan berdasarkan pemantauan naiknya muka air laut melalui alat pendeteksi tsunami.

Selain itu, peringatan dini juga dilakukan berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari saksi mata, yakni staf BMKG di Kota Palu. "Dari saksi mata di lapangan ketinggian naiknya muka air laut 1,5 meter dari pengamatan di lapangan di pantai palu," kata Dwikorita.

Halaman:
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement