Data Penyelenggara Sistem Elektronik Boleh Diolah di Luar Negeri

Desy Setyowati
28 September 2018, 13:40
Rudiantara
Arief Kamaludin|KATADATA
Menkominfo Rudiantara menjadi pembicara kunci pada acara Katadata Forum bertajuk "Konektivitas Telekomunikasi Indonesia di Era Ekonomi Digital" di Jakarta, Selasa (29/11).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik. Dalam revisi tersebut, pemerintah akan mengizinkan data penyelenggara sistem elektronik untuk diolah di luar negeri.

Menkominfo Rudiantara mengatakan, salah satu poin yang akan diubah dalam PP tersebut adalah ketentuan mengenai kewajiban membangun pusat data di dalam negeri. Nantinya, aturan tersebut akan diperinci dengan memisahkan jenis data yang disimpan di pusat data. "Ada penyimpanan dan pemrosesan data yang harus ada di Indonesia, ada juga yang pemrosesannya boleh dilakukan di luar Indonesia," kata Rudiantara dalam pesan singkat yang diterima Katadata, Jumat (28/9).

Advertisement

Pusat data yang wajib dibangun di Tanah Air adalah yang terkait hal strategis seperti pertahanan, intelijen, dan lainnya. Sedangkan di luar konteks tersebut, perusahaan bisa menggunakan komputasi awan (cloud computing) yang pemrosesannya dilakukan di luar negeri.

Perusahaan rintisan ( startup) termasuk kategori perusahaan yang boleh memproses datanya di luar negeri. "Ekosistem startup tidak bisa berjalan optimal kalau data center diwajibkan berada di Indonesia. Teknologi saat ini beralih ke cloud computing dan masing-masing memiliki pusat datanya tersendiri," ujarnya.

Rudiantara menargetkan revisi PP tersebut selesai pada akhir bulan ini. Menurutnya, revisi itu diperlukan karena tidak mengikuti perkembangan zaman dan kurang mengakomodasi ekonomi digital yang kian berkembang.

Kendati begitu, ia tetap mendorong perusahaan membangun pusat di Indonesia. "Rencana revisi PP ini tidak akan menghentikan upaya pemerintah untuk menarik investor membangun data center di Indonesia," kata Rudiantara.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement