Kementan Pantau Laporan Dampak Gempa Sulteng Terhadap Produksi Tanaman

Michael Reily
1 Oktober 2018, 20:19
Gempa Palu
Biro Pers Istana

Gempa bumi serta tsunami yang melanda sebagian wilayah Sulawesi Tengah diperkirakan turut berdampak ke sentra produksi tanaman pangan di kawasan tersebut. 

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Gatot Irianto mengatakan, hingga saat ini  pihaknya masih menunggu laporan dampak gempa terhadap tanaman pangan di Sulawesi Tengah.

Menurutnya, Kementan masih kesulitan berkomunikasi untuk  memperbaharui informasi terkait wilayah mana saja yang terdampak besar akibat kejadian tersebut.

"Baru dua sentra produksi tanaman pangan yang baru bisa dihubungi, yakni lokasi sentra beras di Parugi Moutong dan Sigi, yang lain masih menunggu Dinas Pertanian setempat,” kata Gatot di Jakarta, Senin (1/10).

(Baca : Menteri Luhut: Tsunami Palu Tak Perlu Status Bencana Nasional)

Hal senada juga dituturkan Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar Kementerian Pertanian Irmijati Rachmi. Dia menyebut Kementerian Pertanian belum bisa memberi data terkait jenis tanaman perkebunan yang berpotensi terganggu karena pihaknya hingga kini masih sulit berkomunikasi dengan dinas provisi dan kabupaten setempat. 

"Saat ini komoditas unggulan wilayah tersebut di antaranya kakao dan kelapa," ujarnya kepada Katadata

Tak Terganggu

Meski begitu, bencana gempa dan tsunami diyakini tak mengangu produksi komoditas perkebunan secara signifikan, seperti jagung . Namun, tak menutup kemungkinan juga produksi padi dan jagung  bisa tak mencapai target.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...