Konser Amal untuk Tsunami Palu Targetkan Donasi Rp 10 Miliar

Dini Hariyanti
3 Oktober 2018, 13:33
Gempa Palu
ANTARA FOTO/Biropers-Kris
Presiden Joko Widodo mengunjungi korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Presiden memerintahkan jajarannya untuk memprioritaskan evakuasi korban sebagai langkah pertama penanganan bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah.

Penggalangan dana untuk korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggala, serta Sulawesi Tengah diharapkan dapat menghimpun sedikitnya Rp 10 miliar. Pengumpulan donasi akan dilakukan resmi pada 5 Oktober 2018 melalui konser amal yang menghadirkan sekitar 100 seniman musik.

Pihak yang terlibat dalam konser kemanusiaan tersebut di antaranya Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Ikatan Alumni UI, Kadin Indonesia, serta komunitas biduan. Selain itu, Tokopedia dan Kitabisa.com turut serta sebagai platform donasi.

Meskipun gala dana tersebut belum dihelat tetapi sampai dengan Rabu (3/10) sudah terkumpul donasi Rp 4,8 miliar. Kolaborasi filantropi ini tidak hanya untuk penanganan pada saaat darurat bencana tetapi berkesinambungan sampai fase rehabilitasi.

(Baca juga: Kominfo Sebut 49% Infrastruktur Telekomunikasi di Sulteng Pulih

Kepala Bekraf Triawan Munaf mengatakan, seluruh pihak perlu bersinergi membantu penanganan bencana alam yang terjadi di Palu, Donggala, dan Sulteng. Pasalnya, kejadian semacam ini melumpuhkan sendi ekonomi maupun sosial masyarakat setempat.

"Pelaku ekonomi kreatif juga banyak sekali yang kehilangan aset, seperti mesin produksi dan sebagainya," katanya dalam konferensi pers terkait gala dana untuk Palu dan sekitarnya, di Jakarta, Rabu (3/10).

Triawan sendiri bakal naik panggung bersama Elek Yo Band sebagai pemain keyboard. Grup band ini beranggotakan sejumlah menteri kabinet kerja. Seniman musik lain yang turut ambil bagian ialah Tulus, Raisa, Titi DJ, dan Afgan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...