Penjualan Produk IKM di Marketplace Capai Rp 1,3 Miliar

Dini Hariyanti
5 Oktober 2018, 16:00
UKM Bukalapak
Donang Wahyu | Katadata

Program e-Smart IKM yang digagas Kementerian Perindustrian membukukan transaksi sebesar Rp 1,3 miliar per Agustus tahun ini. Nilai ini berasal penjualan produk industri kecil dan menengah (IKM) melalui marketplace.

E-Smart IKM merupakan sistem database pelaku usaha kecil dan menengah yang terintegrasi dengan marketplace. Nah, marketplace sendiri adalah tempat terjadinya praktik jual beli barang yang disediakan oleh e-commerce.

Dirjen IKM Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih mengatakan, program e-Smart IKM merupakan respons pemerintah atas revolusi industri keempat alias 4.0 seiring dengan perkembangan teknologi digital.

"Kami kerja sama dengan marketplace, seperti Tokopedia, Dusdusan, Bukalapak, Blibli, dan lain-lain. Kami ajarkan pelaku IKM berjualan secara online," katanya kepada Katadata.co.id, di Jakarta, Rabu (3/10).

(Baca juga: Ekspor Naik 12%, Industri Mainan Indonesia Bernilai Rp 10,7 Triliun

Program yang bergulir sejak 2017 ini mencakup sembilan komoditas, yakni makanan dan minuman, logam, perhiasan, herbal, kosmetik, fesyen, industri telematika, kerajinan, dan furnitur. Per Agustus tahun ini tercatat 3.450 pelaku IKM mengikuti workshop e-Smart.

Pada tahun ini saja, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan jumlah peserta e-Smart mencapai 4.000 pelaku usaha. Kementerian berupaya menjaring sedikitnya 2.000 pelaku IKM lagi sampai pengujung tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...