IHSG Berbalik Menguat Tertolong Aksi Beli oleh Investor Lokal

Image title
9 Oktober 2018, 19:14
Saham KATADATA | Arief Kamaludin
Saham KATADATA | Arief Kamaludin
Saham KATADATA | Arief Kamaludin

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami kenaikan dalam dua hari perdagangan pada pekan ini, berbalik dari penurunan tajam pada pekan sebelumnya. Kenaikan indeks ditopang oleh aksi beli investor domestik di tengah maraknya aksi jual oleh investor asing.

Pada perdagangan Selasa (9/10), IHSG ditutup naik 0,62% ke level 5.796,7. Kenaikan tersebut melanjutkan kenaikan sebesar 0,52% pada perdagangan sehari sebelumnya. Kepala Riset Trimegah Securities Sebastian Tobing mengatakan investor lokal sebetulnya mampu melakukan aksi beli lebih besar.

"Lokal sudah banyak cash sebenarnya. Tapi, masih ragu-ragu saja belinya dengan rupiah tidak stabil seperti kemarin-kemarin," katanya kepada Katadata.co.id, Selasa (9/10). Nilai tukar rupiah tercatat mengalami pelemahan cepat hingga menembus level Rp 15.200 per dolar Amerika Serikat (AS) mulai Senin (8/10).  

Meski aksi beli oleh investpr lokal mampu menopang laju IHSG, namun Sebastian menjelaskan tetap dibutuhkan sokongan dari aksi beli investor asing. Menurut dia, investor lokal tidak akan mampu menopang terlalu lama. Namun, pergerakan investor asing masih sangat dipengaruhi oleh isu eksternal.

Salah satu hal yang bisa membuat investor asing kembali melakukan beli di pasar saham yaitu tidak beranjutnya lagi kenaikan bunga acuan AS atau Fed Fund Rate. "Baru emerging market mulai kelihatan lebih menarik," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...