Proses Rekrutmen CPNS di Wilayah Terdampak Gempa Sulteng Akan Ditunda

Ameidyo Daud Nasution
9 Oktober 2018, 19:08
Gempa Palu
Biro Pers Istana

Pemerintah  menunda proses perekrutan Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) baru di wilayah terdampak bencana Sulawesi Tengah. Hal ini  dilakukan dengan pertimbangan wilayah tersebut masih dalam proses rehabilitasi dan pemulihan pasca bencana. 

Ada empat wilayah yang terdampak gempa dan tsunami Sulteng yakni Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, serta Kabupaten Parigi Moutong.

Advertisement

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Setiawan Wangsaatmadja mengatakan saat ini pemerintah pusat akan berkoordinasi dengan pemda terkait mengenai kesiapan lanjutan penyelenggaraan perekrutan CPNS.

"Kami belum tanyakan, tapi yang jelas ditunda," ujarnya di Kementerian Sekretariat Negara, Selasa (9/10).

(Baca: BNPB: Sebagian Fasilitas Publik Pasca Gempa Sulteng Mulai Pulih)

Meski demikian dia tak menjelaskan lebih lanjut sampai kapan proses rekrutmen CPNS wilayah terdampak bencana itu akan ditunda. 

Menurut catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB),  terdapat sekitar  25.575 Aparatur Sipil Negara turut menjadi korban bencana gempa dan tsunami di Sulteng.

Namun  pihaknya masih perlu berkoordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN), Lembaga Administrasi Negara (LAN), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), hingga Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengetahui pasti apakah ada korban meninggal dunia  dari kalangan aparatur sipil negara.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement