Wakil PM Malaysia Ajak RI Promosi Sawit dan Berantas Terorisme

Ameidyo Daud Nasution
9 Oktober 2018, 18:13
Joko Widodo
ANTARA FOTO/Desca Lidya Natalia
Presiden Joko Widodo bertemua Deputi PM Malaysia Wan Azizah

Wakil Deputi Perdana Menteri Malaysia Wan Azizah Wan Ismail mengajak Presiden Joko Widodo (Jokowi) bekerja sama mempromosikan industri sawit melalui Council of Palm Oil Producing Countries (CPOPC) atau organisasi antar pemerintah negara-negara penghasil sawit. Hal ini dikatakan istri Anwar Ibrahim tersebut saat menemui Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, Selasa (9/10).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan pemerintah Malaysia mengajak Indonesia bekerja sama  mempromosikan industri sawit yang berkelanjutan kepada dunia. Hal itu dilakukan untuk menangkal isu negatif  sawit yang kerap menyasar kedua negara sebagai penghasil sawit terbesar dunia.

(Baca : Mahathir Mohamad Ajak Jokowi Lawan Kampanye Hitam Sawit Uni Eropa)

"Melalui CPOPC akan terus bekerjasama mempromosikan sawit berkelanjutan," kata Retno.

Hal senada sebelumnya  juga pernah diungkap  Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dalam kunjungannya ke Bogor beberapa waktu lalu. Mahatir mengajak pemerintah Indonesia  ikut melawan kampanye negatif terhadap kelapa sawit yang dilancarkan Uni Eropa. 

Tuduhan Uni Eropa bahwa perkebunan sawit menyebabkan kerusakan lingkungan, dapat menghambat ekspor komoditas tersebut dari Indonesia dan Malaysia. Menurut Mahatir, tuduhan ini dinilai tak mendasar dan  tidak bisa dibuktikan kebenaranannya.

 "Bahwa minyak kelapa sawit ini didapatkan dari hutan yang ditebang pengusaha dan terkesan buruk. Itu tidak benar sama sekali," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...