Cara The Fed Minimalisasi Dampak Negatif Kenaikan Suku Bunganya

Desy Setyowati
10 Oktober 2018, 12:05
Press Briefing Gub BI
Arief Kamaludin | KATADATA

Bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed) mengindikasikan rencana untuk kembali menaikkan suku bunga acuannya alias Fed Fund Rate (FFR), sejalan dengan perbaikan ekonomi AS. Kendati, The Fed berkomitmen untuk meminimalisir dampak kebijakannya terhadap ekonomi dunia.

Presiden Federal Reserve New York John Williams menyadari bahwa ekonomi dan sistem keuangan setiap negara saling terhubung. Oleh karena itu, ia menegaskan bahwa instansinya memantau dan menganalisa perkembangan ekonomi di dunia.

"Ini untuk memahami bagaimana tindakan kami mempengaruhi perekonomian global. Sementara, kami mencoba kembali ke kondisi normal," ujarnya di Hotel Conrad, Bali, Rabu (10/10).

Berdasarkan analisis data yang dilakukan, The Fed memandang perlu ada komunikasi yang jelas dan berkelanjutan terkait kebijakannya. Salah satu caranya, aktif menghadiri forum internasional seperti Sidang Tahunan Dana Moneter Internasional atau IMF-Bank Dunia ini.

"Ini membantu kami memahami ekonomi dan kondisi keuangan dunia, serta memberikan kesempatan untuk berbagi perspektif dan wawasan," kata dia.

(Baca juga: Ketika Tim Kampanye Jokowi dan SBY Bicara Pertemuan IMF-Bank Dunia)

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...