Chairul Tanjung: Aplikasi CNBC Indonesia Bisa Jadi Platform Fintech

Penulis: Hari Widowati

Rabu 10/10/2018, 16.04 WIB

Aplikasi CNBC Indonesia dikembangkan sebagai platform financial technology (fintech) untuk perdagangan saham, obligasi, hingga mata uang.

Chairul Tanjung KATADATA | Arief Kamaludin
Chairul Tanjung KATADATA | Arief Kamaludin
Chairul Tanjung KATADATA | Arief Kamaludin

CT Corp melalui anak usahanya Transmedia meluncurkan aplikasi CNBC Indonesia sebagai aplikasi media digital terintegrasi untuk mengakses berita, televisi, dan data-data pasar secara online. Aplikasi CNBC Indonesia bahkan dikembangkan sebagai platform financial technology (fintech) untuk perdagangan saham, obligasi, hingga mata uang.

Founder & Chairman CT Corp Chairul Tanjung mengatakan, perkembangan teknologi mendorong perubahan gaya hidup masyarakat, termasuk dalam mendapatkan informasi. Setelah meluncurkan situs www.cnbcindonesia.com pada Februari lalu, CT Corp membidik pengguna pebisnis yang membutuhkan informasi dengan cepat melalui aplikasi CNBC Indonesia.

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Saat ini, situs www.cnbcindonesia.com rata-rata memiliki 200 ribu unique visitor per hari. "Akhir tahun ini, kami targetkan bisa mencapai 400-500 ribu unique visitor dan tahun depan mencapai  1 juta pembaca atau pemirsa akan masuk ke platform kami," ujar Chairul Tanjung, dalam peluncuran CNBC Indonesia di The Trans Resort Bali, Rabu (10/10).

Sejalan dengan revolusi industri 4.0, siaran televisi berkembang dari televisi terestrial menjadi televisi digital lalu menjadi layanan televisi melalui streaming di internet. "Platform terintegrasi ini bisa untuk mengakses berita, televisi, dan market secara online. Ini akan menjadi platform fintech karena bisa membeli saham, obligasi, dan mata uang melalui platform ini," ujarnya.

(Baca: Anak Usaha Emtek Group Resmi Umumkan Akuisisi Situs Kapanlagi)

Dengan semakin banyaknya informasi mengenai pasar modal dan pasar keuangan domestik maupun internasional, Chairul yakin, pasar akan menjadi lebih transparan. Dari seluruh jaringan CNBC, baru CNBC Indonesia yang memiliki aplikasi seperti ini.

President and Managing Director CNBC International KC Sullivan mengatakan, jaringan media CNBC menyediakan informasi yang ditonton oleh 300 juta pemirsa per bulan. Perkembangan teknologi memengaruhi cara masyarakat berinteraksi dengan pasar. "Platform digital menjadi cara terkini untuk memberikan informasi di bidang keuangan dan bisnis seiring minat pemirsa yang terus berkembang di Asia Tenggara," kata Sullivan.

Konglomerasi bisnis CT Corp terbentang dari perbankan, retail, media, hingga komoditas. CT Corp melalui Trans Corp Media memiliki sejumlah media elektronik dan televisi yakni Trans TV, Trans 7, Detik.com, CNN Indonesia, dan CNBC Indonesia. 

(Baca: Ekspansi Baru Raksasa Digital di Dunia Televisi Interaktif)