Pemerintah Tawarkan 79 Proyek pada Investor di Forum IMF-World Bank

Desy Setyowati
10 Oktober 2018, 08:45
infrastruktur
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyatakan, ada 79 proyek infrastruktur yang ditawarkan kepada investor yang hadir di Sidang Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia. Proyek tersebut dikelola oleh 21 perusahaan berpelat merah.

Rini menyebutkan, nilai investasi dari seluruh proyek tersebut mencapai US$ 42 miliar atau sekitar Rp 630 triliun. Sebanyak 21 proyek di antaranya bernilai US$ 13,8 miliar atau Rp 207 triliun , bakal disepakati pada Kamis (11/10) nanti. “Semoga lancar,” kata dia di Hotel Conrad, Bali, Selasa (9/10).

Lewat beberapa pertemuan di sela-sela sidang tahunan ini, pemerintah mendorong adanya diskusi dengan investor terkait pembiayaan infrastruktur ini. Tujuannya, supaya hal-hal yang menghambat atau membuat investor ragu untuk berinvestasi bisa didiskusikan dan diatasi. “Seringkali kalau green field (proyek baru) itu investor tidak terlalu tertarik. Mereka selalu sedikit khawatir,” kata dia.

Adapun investor yang menyatakan berminat adalah perusahaan minyak bumi, gas alam, dan bensin milik negara asal Taiwan, CPC Corporation untuk proyek Petrokimia bersama dengan PT Pertamina, senilai US$ 6,5 miliar atau sekitar Rp 97,5 triliun. Mereka bakal menandatangani perjanjian kerja sama pada Kamis (11/10) esok.

(Baca juga: Mandiri Sekuritas akan Terbitkan Dana Investasi Infrastruktur)

Di lain kesempatan, Deputi Direktur Departemen Pengembangan Pasar Keuangan Bank Indonesia, Agustina Dharmayanti menyampaikan, ada sesi khusus antara pemerintah ataupun BUMN bertemu dengan calon investor guna membahas peluang investasi di bidang infrastruktur.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...