Pertamina Pastikan Tidak Ada Kenaikan Harga Premium di SPBU Hari Ini

Anggita Rezki Amelia
10 Oktober 2018, 19:56
BBM
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) memastikan tidak akan ada kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium hari ini. Ini seiring dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menginginkan agar kenaikan harga Premium ditunda. 

External Communication Manager PT Pertamina (Persero), Arya Dwi Paramita mengatakan hingga hari ini harga beberapa BBM tidak berubah di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). "Untuk bahan bakar jenis Premium, Solar dan Pertalite sementara ini belum ada perubahan," kata dia kepada Katadata.co.id, Rabu (10/10).

Saat ini harga Solar untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya Rp 5.150 per liter. Sementara itu, harga Premium sebesar Rp 6.550 per liter. Kedua, jenis BBM ini tidak mengalami perubahan harga April 2016. Bahkan, pemerintah berencana menahan harga BBM hingga 2019.  

Adapun harga Pertalite di wilayah DKI Jakarta, masih Rp 7.800 per liter. Harga bahan bakar beroktan 90 ini tidak berubah sejak Maret 2018. 

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan akan ada kenaikan harga Premium. Namun, waktu kenaikan itu tergantung dari kesiapan Pertamina menyosialisasikan kebijakan tersebut. 

Paling cepat, harga Premium naik malam ini. "Harga Premium naik jam 18.00 WIB hari ini," kata dia di Bali, Rabu (10/10). 

Harga baru Premium untuk wilayah Jawa, Madura dan Bali (Jamali) nantinya dipatok sebesar Rp 7.000 per liter. Di luar Jamali harganya akan menjadi Rp 6.900 per liter.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...