Produksi Gas Proyek Jangkrik Lampaui Target

Anggita Rezki Amelia
10 Oktober 2018, 20:38
Jangkrik
ENI

Produksi minyak dan gas bumi (migas) dari Proyek Jangkrik berhasil melampaui target. Salah satu penyebabnya lantaran kinerja operasi proyek tersebut yang optimal. Adapun produksi Proyek Jangkrik berasal dari dua lapangan utama yakni Jangkrik dan Jangkrik NE.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan hingga kini rata-rata produksi proyek tersebut sudah mencapai 650 MMscfd. Target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018 yang mencapai 435 mmscfd. “Itu capaian rata-rata,” kata dia kepada Katadata.co.id, Rabu (10/10).

Advertisement

Namun, realisasi produksi proyek Jangkrik itu lebih rendah daripada capaian semester I tahun 2018 lalu. Pada enam bulam terakhir, rata-rata produksi gas Jangkrik mencapai 684,36 MMscfd.

Proyek Jangkrik pertama kali beroperasi Mei 2017. Proyek ini memiliki fasilitas produksi berupa kapal apung (Floating Production Unit/FPU) dengan kapasitas 450-600 mmscfd. 

Nilai investasi proyek ini mencapai US$ 3,77 miliar. Ini mengacu rencana pengembangan (PoD) II Lapangan Jangkrik dan Jangkrik NE yang disetujui SKK Migas tahun 2013.

Deputi Operasi SKK Migas Fatar Yani Abdurahman pernah mengatakan produksi gas dari proyek Jangkrik bisa stabil di level 600 mmscfd hingga empat tahun ke depan. “Bisa sampai pertengahan 2022 jika tidak ada masalah dengan reservoir," kata dia kepada Katadata.co.id awal tahun ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement