Produksi Migas Pertamina Kuartal III-2018 Naik 31%

Anggita Rezki Amelia
10 Oktober 2018, 20:23
Pengeboran minyak lepas pantai.
KATADATA
Pengeboran minyak lepas pantai.

Produksi minyak dan gas bumi (migas) PT Pertamina (Persero) selama kuartal III tahun 2018 naik sebesar 31% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Salah satu penyebabnya adalah kinerja beberapa blok migas yang meningkat.

Sejak awal tahun hingga akhir September 2018, produksi migas Pertamina mencapai 911 ribu barel setara minyak per hari (bsmph). Perinciannya, produksi minyak 383 ribu barel per hari (bph) dan gas 3.059 MMscfd.

Advertisement

Adapun, periode yang sama tahun lalu, hanya 693 ribu bsmph. Dari jumlah tersebut, produksi minyak sebesar 342 ribu bph dan gas sebanyak 2.030 MMscfd.

Senior Vice President Upstream Strategic Planning and Operation Evaluation Pertamina Meidawati mengatakan kenaikan produksi itu ditopang dari kinerja blok migas di dalam negeri dan luar negeri. "Kenaikan produksi minyak dari PT Pertamina EP Cepu (PEPC), "kata dia kepada Katadata.co.id, Rabu (10/10).

Sementara produksi gas ditopang dari sejumlah anak usaha Pertamina lainnya seperti Pertamina EP, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) OSES, PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), PT Pertamina Hulu Sanga- Sanga (PHSS) dan Pertamina Internasional EP (PIEP). Adapaun salah satu blok yang menopang produksi Pertamina adalah Blok Mahakam, di Kalimantan Timur yang dikelola sejak 1 Januari 2018.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement