23 Emas, Indonesia Cetak Sejarah di Asian Para Games

Image title
Oleh
11 Oktober 2018, 10:39
Persiapan Asian Para Games
Katadata

Jakarta, 10 Oktober 2018- Indonesia berhasil menembus target perolehan 16 emas pada Asian Para Games 2018. Bahkan hingga hari ke-5 penyelenggaraan kompetisi, pukul 19.00 WIB, Indonesia berada di peringkat kelima klasemen umum, dengan raihan 23 emas, 28 perak, dan 31 perunggu. Ini adalah capaian terbanyak sepanjang keikutsertaan Indonesia di Asian Para Games.

 

Indonesia hanya mendapat satu emas pada Asian Para Games ke-I di Guangzhou, Tiongkok pada 2010. Prestasi terus meningkat dan Indonesia meraih sembilan emas pada Asian Para Games ke-II di Incheon, Korea Selatan pada 2014.

 

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menyatakan capaian ini adalah sebuah sejarah baru bagi Indonesia, prestasi luar biasa yang harus dibanggakan. “Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh atlet yang telah bekerja keras, tim pelatih dan official yang membantu para atlet tanpa kenal lelah, juga Chief de Mission Armin Syah yang terus mengawal persiapan. Tak lupa terima kasih saya ucapkan kepada psikolog yang setia menemani untuk menjaga semangat para atlet," kata Menpora.

 

Nahrawi juga menyampaikan terima kasih kepada para suporter,  atas doa dan dukungannya. “Terima kasih kepada mereka yang rela meninggalkan pekerjaan demi memberikan suntikan semangat secara langsung di venue-venue pertandingan. Ini adalah kesuksesan yang harus kita rayakan bersama-sama," tutur Menpora.

 

Kepastian rekor baru Indonesia didapatkan pada hari keempat Asian Para Games 2018. Sedangkan hari ini para atlet  merebut  total 15 emas. Sumbangan emas datang dari:

 

Atletik

- Kharisma Evi Tiarani  (Lari 100m Putri T42/63)

- Putri Aulia (Lari 100m Putri T13)

 

Tenis Meja

- M. Riah Prahasta/Suwarti (Ganda Campuran Kelas 6-8)

- Agus Sutanto/Tatok Hardiyanto (Ganda Putra TT 4-5)

- David Jacobs/Komet Akbar (Ganda Putra TT 10)

 

Catur

- Carsidi, Edy Suryanto, Hendy Wirawan (Beregu Putra Klasik VI - B2/B3)

Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement