Indonesia Selidiki Lonjakan Impor Aluminium Foil

Michael Reily
11 Oktober 2018, 18:44
Pelabuhan Ekspor
Katadata

Kementerian Perdagangan memulai penyelidikan tindakan pengamanan (safeguards) atas lonjakan impor produk aluminium foil. Penyelidikan dilakukan berdasarkan permohonan yang disampaikan  Asosiasi Produsen Aluminium Extrusi serta Aluminium Plate, Sheet & Foil (Apralex Sh & F).

Ketua Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia Kementerian Perdagangan Mardjoko menyatakan ada lonjakan impor aluminium foil berdasarkan bukti awal pengajuan permohonan.

“Terdapat indikasi awal mengenai kerugian serius atau ancaman kerugian serius akibat lonjakan tersebut," kata Mardjoko dalam keterangan resmi, Jakarta, Kamis (11/10).

(Baca: Kalah dalam Sengketa Besi dan Baja, RI Akan Ikuti Rekomendasi WTO)

Ancaman kerugian serius itu tampak dari kinerja industri terkait di dalam negeri sepanjang  2015 hingga 2017. Indikatornya adalah penurunan volume produksi dan penjualan domestik, peningkatan persediaan akhir atau jumlah barang yang tidak terjual besar, penurunan produktivitas dan kapasitas terpakai, pengurangan jumlah tenaga kerja, serta penurunan pangsa pasar industri dalam negeri di pasar domestik.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...