PT Pos Luncurkan Produk Pembayaran Elektronik

Ameidyo Daud Nasution
11 Oktober 2018, 17:50
pos indonesia
KATADATA
pos indonesia

Badan Usaha Milik Negara PT Pos Indonesia (Persero) hari ini meluncurkan produk untuk merespons persaingan bisnis logistik yang terjadi saat ini. Produk-produk yang diluncurkan merupakan bagian dari sistem pembayaran online yang dikembangkan dan melibatkan agen pos.

Produk baru yang dikeluarkan perusahaan plat merah tersebut terdiri dari M-Agenpos, Agenpos B2B Kurir, Agenpos B2B Layanan Jasa Keuangan, hingga Contact Center Oranger.

Direktur Komersial Pos Indonesia Charles Sitorus menyatakan, peluncuran berbagai produk baru ini merupakan bagian digitalisasi bisnis mereka. "Besar sekali potensinya, karena e-commerce masih tumbuh besar," kata Charles di Jakarta, Kamis (11/10).

Ia menjelaskan, M-Agenpos merupakan aplikasi mobile untuk android bagi layanan paymet seperti pembayaran listrik, telekomunikasi, air bersih, tiket pesawat dan kereta, premi asuransi hingga Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Nantinya masyarakat tidak perlu datang ke kantor pos untuk membayar utilitas tersebut

Agenpos B2B Layanan Jasa Keuangan adalah pengembangan layanan kemitraan Channel Pospay sejak 2002. Produk ini awalnya adalah one stop payment service biller dengan pola business to business sehingga pembayaran produk milik mitra Pos Indonesia dengan konsumen dilakukan di kantor dan agen pos dengan pembayaran tunai.

Nantinya pembayaran akan dilakukan dengan B2B dengan metode non tunai lewat pembayaran mitra dan transaksi tunai di loket milik mitra. Sedangkan pembayaran non tunai dapat dilakukan di aplikasi ponsel pintar, sms banking, hingga Anjungan Tunai Mandiri. "Jadi dulunya manual sekarang mobile," kata Charles.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...