Perjanjian Dagang Kawasan Bebas Eropa Akan Diumumkan November 2018

Michael Reily
12 Oktober 2018, 17:01
Pelabuhan ekspor
Katadata

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Ekonomi Federal Swiss Johann N. Schneider Ammann menyatakan akan mengumumkan hasil penyelesaian kerja sama perdagangan kawasan bebas Eropa (European Free Trade Agreement/EFTA)  pada 23 November mendatang.  Pembicaraan itu ndisebut dalam pertemuan ke duanya dalam agenda Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Bali, Jumat (12/10).

Enggar mengaku tim negosiasi akan kembali melakukan pertemuan EFTA  dengan beberapa negara anggota yang mencakup Swiss, Norwegia, Islandia, dan Liechtenstein. “Saya akan datang ke pertemuan Indonesia dengan empat negara pada 23 November di Geneva, Swiss dan mengumumkan hasil penyelesaian perjanjian,” katanya usai pertemuan dengan Amman.

Enggar mengungkapkan kedua menteri akan mengarahkan tim negosiasi untuk melakukan percepatan pembahasan. Sebab, masih ada beberapa kendala yang harus diselesaikan oleh kedua pihak.

(Baca: Mendag Percepat Perundingan Perjanjian Dagang Kawasan Bebas Eropa)

Seperti terkait respons Indonesia terhadap penolakan sawit oleh Norwegia. “Kita masih menahan masalah ikan karena parlemen oposisi di Norwegia memberikan tekanan kepada sawit,” ujar Enggar.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...