Pengaruh Besar Buzzer Politik Menentukan Arah Pilihan Masyarakat

Dimas Jarot Bayu
13 Oktober 2018, 09:00
Kotak Suara TPS KPU
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Pendengung atau buzzer di media sosial masih memiliki tempat penting bagi para politisi, terutama untuk menghadapi pemilihan presiden tahun depan (Pilpres 2019). Kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menganggap buzzer mampu mempengaruhi pilihan publik.

Politisi PDI Perjuangan Budiman Sudjatmiko mengatakan buzzer efektif untuk kepentingan politik jika memiliki pengikut yang besar. Dia mencontohkan, hanya butuh 2-3 ribu buzzer politik melalui Twitter untuk bisa mempengaruhi satu juta pemilih di Indonesia.

Agar persuasi kepada pemilih lebih efektif, para buzzer harus memiliki strategi khusus. Salah satunya yakni dengan memiliki data pemilih yang tepat. “Twitter active user itu unik, bisa pengaruhi pengguna lain,” kata Budiman di Jakarta, Jumat (12/10).

(Baca juga: Tim Jokowi-Ma'ruf Kerahkan Puluhan Ribu Akun Media Sosial).

Dengan data yang akurat,  para buzzer dapat menyesuaikan pola komunikasi mereka kepada pemilih yang sudah dipetakan. Misalnya, mereka harus tahu sejumlah informasi mengenai target seperti kata yang biasa digunakan, dunia sosialnya, pemicu kemarahan, dan intensitas narsis.

Sementara itu, Kepala Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menilai penggunaan buzzer merupakan suatu kebutuhan di dunia politik saat ini. Buzzer politik bakal efektif jika isu yang digaungkan di media sosial tepat sasaran. Karena itu, mereka perlu mengetahui pola komunikasi dengan komunitas tertentu sehingga topiknya pas.

Dimas Akbar, penggagas Ruang Sandi -komunitas relawan Sandiaga Uno- menilai buzzer politik dibutuhkan untuk membentuk citra politik. Dia mengakui Ruang Sandi memiliki 2.500 buzzer untuk membentuk citra Sandiaga lebih lekat dengan kalangan milenial.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...