Selain Pemimpin Dunia, Pidato Game of Thrones untuk Sindir Elite Lokal

Ameidyo Daud Nasution
15 Oktober 2018, 14:26
jokowi
Katadata | Arief Kamaludin
Presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo  (Jokowi) mengatakan pidato yang menyinggung Game of Thrones (GoT) bukan hanya ditujukan kepada para pemimpin dunia, namun juga kepada para elite dan pemimpin politik dalam negeri. Jokowi menyampaikan pidato yang mengibaratkan persoalan dunia dengan serial film yang populer itu, saat acara pertemuan tahunan dana moneter internasional (IMF) dan Bank Dunia.

Dalam pidatonya itu, Jokowi memulai dengan mengapresiasi kinerja para pemimpin ekonomi sehingga dunia lolos dari ancaman krisis 2008.  Namun, saat ini hubungan antara negara retak dan penuh pergulatan layaknya serial Game of Thrones.

Di pengujung pidato dia mengingatkan bahwa konfrontasi dan perselisihan akan mengakibatkan penderitaan, bukan hanya bagi yang kalah namun juga, yang menang.

"Tepat disampaikan kepada pemimpin dan elite yang memperjuangkan kepentingannya," kata Jokowi di Universitas Kristen Indonesia, Senin (15/10).

(Baca juga:  Pidato Lengkap Jokowi yang Menyedot Perhatian di Sidang IMF-Bank Dunia)

Jokowi mengingatkan perlombaan dan rivalitas politik tidak boleh saling menjatuhkan dan menimbulkan kebencian serta fitnah. Selain itu fondasi sosial dan politik yaitu keamanan dan toleran juga tidak boleh dikorbankan.

"Rakyat harus merayakan kontestasi dengan kegembiraan," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, pertarungan politik dapat dilakukan dengan menggunakan narasi serta ide-ide yang sejuk dan berkemajuan untuk mencapai Indonesia yang maju. Presiden mengatakan dengan kematangan seperti itu maka semboyan negara Bhinneka Tunggal Ika dapat diperkokoh.

"Saya ingin menyadarkan bapak dan ibu semua," kata dia. 

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...