Biaya Produksi Chevron di Rokan Tertinggi di Antara 4 Kontraktor Utama

Anggita Rezki Amelia
18 Oktober 2018, 16:58
Chevron
Agung Samosir|KATADATA

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengumumkan lima kontraktor utama yang biaya produksinya paling tinggi. Dari lima kontraktor itu, PT Chevron Pasific Indonesia (CPI) yang paling besar. Kemudian ada PT Pertamina EP, PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), ConocoPhilips Grissik, dan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL). Lima kontraktor utama adalah yang produksinya terbesar di Indonesia. 

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher mengatakan rasio biaya produksi CPI selama sembilan bulan terakhir mencapai US$ 22 per barel setara minyak (barel oil equivalent/BOE). Ini lebih tinggi dari rata-rata biaya produksi seluruh kontraktor yang hanya US$ 21,7 per BOE.

Advertisement

Adapun, biaya produksi Chevron di Blok Rokan sepanjang tahun 2017 mencapai US$ 20 per BOE. Sedangkan tahun 2016 hanya US$ 19 per BOE. Rasio biaya produksi ini dihitung dari total biaya yang dikeluarkan kontraktor terhadap produksi. 

Biaya produksi itu terdiri dari dua indikator. Pertama, biaya pengembangan. Kedua, biaya operasi masing-masing kontraktor.

Jadi, penyebab tingginya rasio biaya itu adalah turunnya produksi Blok Rokan. Padahal, secara total, nilai biaya produksi turun. Di tahun 2016, nilai biaya produksi US$ 1,7 miliar. Lalu, tahun 2017, hanya US$ 1,6 miliar. 

"Secara nilai ada tren turun, tapi karena produksi juga turun dari 2016 hingga 2018, yang disebabkan lapangan yang semakin menua, rasio biaya per barelnya naik, " kata Wisnu kepada Katadata.co.id, Kamis, (18/10).

Adapun manajemen Chevron belum berkomentar mengenai hal tersebut. Senior Vice President, Policy, Government and Public Affairs Chevron Indonesia belum membalas pesan yang disampaikan.

Sementara itu, rasio biaya produksi Pertamina EP (PEP) sebesar US$ 21,4 per BOE. Menurut Wisnu, penyebabnya juga sama yakni kondisi lapangan yang sudah tua.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement