Inalum Pinjamkan Dana ke Pemerintah Daerah Papua Beli Saham Freeport

Image title
18 Oktober 2018, 17:51
Freeport
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Area pengolahan mineral PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Papua.

PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) siap memberikan pinjaman US$ 900 juta kepada pemerintah daerah di Papua. Ini terkait dengan peralihan 10% saham divestasi PT Freeport Indonesia (PTFI).

Head of Corporate Communication Inalum Rendi Achmad Witular mengatakan pinjaman itu diberikan agar tidak membebani pemerintah daerah. Apalagi, nantinya, pemerintah daerah hanya membayar pinjaman itu dari dividen.

Untuk mencicil pinjaman itu, Inalum juga tidak akan meminta seluruh dividen. Pemerintah daerah Papua tetap akan mendapatkan dividen lebih besar daripada yang harus dicicil ke Inalum. "Kami pastikan cicilannya tidak akan membebani pemerintah daerah karena alokasikan dividen lebih  banyak," kata Rendi di Jakarta, Kamis (18/10).

Sumber pendanaan untuk menalangi Pemerintah Daerah Papua ini berasal dari pinjaman bank yang dilakukan Inalum. Inalum meminjam dana dari 11 bank asing untuk mendanai 51% divestasi saham Freeport yang mencapai US$ 3,85 miliar.

Inalum optimistis akan mendapatkan pinjaman dari bank asing pada bulan November. Bank itu juga akan mengucurkan dana ke Inalum karena, pembelian saham Freeport indonesia akan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...