Lanjutkan Perundingan Dagang, RI Bahas Akses Pasar ke Eropa

Michael Reily
18 Oktober 2018, 09:04
Bendera Uni Eropa
Katadata

Perundingan kerja sama ekonomi komprehensif (CEPA) dengan Uni Eropa ditargetkan selesai pada semester pertama 2019. Kedua pihak tengah melakukan perundingan putaran keenam pada 15 hingga 19 Oktober 2018 di Palembang, Sumatera Selatan.

Delegasi Indonesia dipimpin Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan, Iman Pambagyo. Sementara Ketua Juru Runding Uni Eropa adalah Deputy Director-General of Trade, Komisi Eropa, Helena König.

“Kedua pihak menginginkan perjanjian yang kredibel dan saling menguntungkan,” kata Iman dalam keterangan resmi dari Palembang, Kamis (18/9).

Dia menjelaskan, kemajuan yang substansial pada putaran keenam perundingan adalah akses pasar. Kedua pihak telah melakukan pertukaran penawaran untuk akses pasar jasa dan investasi, serta melengkapi pertukaran barang yang telah disepakati.

Menurut Iman, pembahasan isu yang masih bergulir adalah perdagangan barang, perdagangan jasa, investasi, hak kekayaan intelektual, persaingan usaha dan subsidi, perdagangan dan pembangunan berkelanjutan, perdagangan barang dan jasa pemerintah, karantina, aturan standar, dan mekanisme penyelesaian sengketa.

(Baca juga: Pemerintah Negosiasikan Pembatasan Impor Sawit Uni Eropa)

Perkiraan jumlah populasi antara kedua pihak sebesar 516 juta jiwa serta daya beli masyarakat yang tinggi, menjadikan Uni-Eropa sebagai salah satu mitra penting bagi Indonesia. “Perundingan ini adalah salah satu prioritas Indonesia saat ini mengingat besarnya perekonomian dan kerja sama yang dapat dikembangkan bersama kedua pihak,” ujar Iman.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...