Menteri Enggar Terima Gelar Doktor Kehormatan dari UPI

Michael Reily
18 Oktober 2018, 11:56
enggar
ANTARA FOTO/Agus Bebeng
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyampaikan pemaparannya dalam kunjungan kerjanya ke Bandung, Jawa Barat, Kamis (4/5).

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menerima gelar Doktor Kehormatan (Doctor Honoris Causa) dalam bidang pendidikan kewirausahaan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung. Pemberian gelar merupakan rekomendasi tiga Guru Besar UPI sebagai promotor dalam rangkaian Dies Natalis.

“Sebagai alumni UPI yang menyandang status mahasiswa selama tujuh tahun, tidak pernah terlintas sedetik pun dalam benak saya untuk mendapatkan gelar akademis tertinggi seperti ini,” kata Enggar di Bandung, Kamis (18/10).

Dia menjelaskan tingkat kewirausahaan di Indonesia masih sangat rendah. Menurut catatannya, jumlah wirausaha di Indonesia pada tahun ini hanya 3,1%,  jauh tertinggal dibandingkan negara maju yang mencapai 14% dari total penduduk usia kerja.

(Baca: Susi Pudjiastuti Terima Gelar Doktor Kehormatan dari ITS)

Berdasarkan Global Entrepreurship Index, Indonesia hanya menempati peringkat 94 dari 137 negara. Padahal negara tetangga berada di atas, seperti Singapura peringkat 27, Malaysia peringkat 58, Thailand peringkat 71, dan Filipina peringkat 84.

Enggar yang pernah menjabat sebagai Mantan Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) ini mengungkapkan salah satu penyebab rendahnya kewirausahaan yakni terkait sistem pendidikan. “Mungkin edukasi di Indonesia kurang mendorong anak didik untuk berkembang menjadi seorang wirausaha,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...