Telkomsel Gandeng Kinetica untuk Kembangkan Big Data

Pingit Aria
18 Oktober 2018, 20:05
Telkomsel telekomunikasi
Arief Kamaludin | Katadata

Telkomsel bekerja sama dengan Kinetica untuk mengembangkan big data dan merevolusi proses analitik data online. Kinetica dipilih atas kemampuannya sebagai mesin konvergen untuk mengakselerasi proses analisis, visualisasi berbasis lokasi, dan kecerdasan buatan.

 “Pesatnya pertumbuhan pada perangkat mobile, tingginya pengguna digital, serta meningkatnya layanan mikro prabayar di Indonesia menghasilkan produksi data secara masif dan eksponensial daripada yang pernah ada sebelumnya,” kata Montgomery Hong, Chief Information Officer Telkomsel dalam keterangannya, Kamis (18/10).

Masuknya data ekstrem ini, menurut Hong, memberikan peluang besar untuk mengembangkan pengalaman gaya hidup digital baru yang dipersonalisasi untuk konsumen Indonesia.

"Tidak seperti solusi database tradisional, solusi Kinetica dibangun dengan tujuan untuk pengembangan ekstrem data dan penyediaan analisis data real-time serta location intelligence di seluruh lini bisnis kami, mulai dari layanan prabayar dan pascabayar, video, game, musik, hingga layanan keuangan mobile, dan periklanan digital,” ujarnya.

Dengan teknologi dan sumber data yang terus berkembang, data menjadi kian tak terprediksi dan analisis menjadi semakin kompleks. Dalam Extreme Data Economy yang baru, data menjadi sangat fleksibel dan dapat berupa data besar atau kecil, statis atau bergerak, terstruktur atau tidak terstruktur, tahan atau mudah rusak, manusia atau mesin.

(Baca : Telkomsel Tawarkan Solusi Digital bagi UKM)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...