Tersisa Tiga Bulan, Pengeboran Sumur Blok Mahakam Masih 72% Target

Anggita Rezki Amelia
19 Oktober 2018, 12:26
Ambil Alih Lapangan Migas Blok Mahakam
Arief Kamaludin|KATADATA
Pekerja sedang beraktifitas pada North Processing Unit (NPU) wilayah kerja Blok Mahakam di Kutai Kartanegara, Minggu (31/12).

Pengeboran sumur minyak dan gas bumi (migas) di Blok Mahakam hingga kini masih 72% dari target. Padahal, untuk mencapai target tahun ini, tersisa tiga bulan lagi.

Pelaksana tugas harian Direktur Pertamina Hulu Mahakam (PHM) Denie S. Tampubolon mengatakan tak bisa bisa menyebutkan jumlah pasti sumur yang selesai. Ini karena pengeboran itu masih dalam proses. Adapun, Pertamina menargetkan pengeboran 69 sumur sepanjang tahun ini.

Meski begitu, Denie optimistis target tersebut bisa terkejar. Apalagi, proses pengeboran Pertamina berjalan cepat, yakni sekitar tiga hingga empat hari per sumur. Biaya pengeboran pun lebih efisien. "Kami tetap usahakan mencapai target tersebut," ujar dia kepada Katadata.co.id, Kamis (18/10).

Selain pengeboran sumur eksplorasi, PHM memiliki program kerja lainnya di Blok Mahakam tahun ini. Di antaranya adalah pengerjaan ulang (workover) 132 sumur dan perawatan 5.623 unit sumur. Lalu, pengembangan lanjutan (Plan of Further Development/PoFD) di lima lapangan.

Tahun ini, Pertamina menganggarkan US$1,7 miliar atau sekitar Rp 23 triliun untuk Blok Mahakam. Dana itu terdiri dari belanja modal sebesar US$ 700 juta dan biaya operasional sebesar US$ 1 miliar.

Mengacu data Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), hingga kuartal III 2018 produksi siap jual (lifting) minyak PHM di Blok Mahakam masih di bawah terget. Capaiannya baru 44.346 barel per hari (bph). Padahal target di APBN 2018 sebesar 48.271 bph.

(Baca: Kinerja Blok Mahakam Dinilai Lebih Tinggi daripada Prediksi Total)

Menurut Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher, PHM belum memenuhi target lifting karena terkait teknis pengeboran. “Di PHM ada penundaan pemboran terkait pemilihan rig,” ujar dia beberapa waktu lalu.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...