Jadi Eksportir Rempah Dunia, RI Masih Hadapi Sejumlah Pekerjaan Rumah

Michael Reily
22 Oktober 2018, 19:04
Memetik biji lada
ANTARA FOTO/Akbar Tado
Seorang petani di Mamuju, Sulawesi Barat tengah memetik biji lada. Harga lada akhir-akhir ini menurun akibat hama dan permainan di tingkat pengepul

Indonesia masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah besar bila ingin mewujudkan cita-cita menjadi eksportir rempah dunia. Tiga besar komoditas rempah yakni lada, cengkeh dan pala  diunggulkan pemerintah untuk menembus pasar dunia.

Ketua Umum Dewan Rempah Indonesia (DRI) Gamal Nasir menjelaskan pemerintah dan pelaku usaha tak boleh terlena dalam pengembangan komoditas unggulan nonrempah, sehingga mengabaikan pengembangan komoditas jenis ini. “Banyak hal yang harus dilakukan karena rempah sudah berjaya sejak jaman penjajahan Belanda,” kata Gamal di Jakarta, Senin (22/10).

(Baca: Produksi Rendah Hambat Potensi Ekspor Kayu Manis Lokal)

Menurutnya, pemerintah harus meningkatkan produksi ketiga komoditas yang jadi rencana strategis. Dia pun meminta pemerintah juga mulai memperhatikan komoditas rempah lainnya  seperti kayu manis dan vanila.

Pemerintah juga didorong fokus pada pengembangan lada hitam di Lampung, lada putih di Bangka, pala di Papua, dan cengkeh di Halmahera jika ingin menggenjot ekspor. “Kalau mau ekspor harus ada peningkatan produksi,” ujarnya.

Karenanya pemerintah terus mendorong program kemitraan antara perusahaan dan petani.  Sebab, petani perlu diberikan pembinaan dan penyuluhan agar produksi dan kualitas rempah terus meningkat.

Selain itu, rantai distribusi juga menurutnya harus ada proses perbaikan agar  harga rempah di tingkat petani bisa lebih baik dan bernilai tambah disertai bantuan promosi pemerintah untuk meningkatkan konsumsi rempah nasional.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...