Riset Jadi Kekuatan Ikat Indonesia Mendesain Fesyen Mickey Mouse

Dini Hariyanti
22 Oktober 2018, 19:03
Disney Jakarta Fashion Week
Dini Hariyanti | KATADATA
Disney Indonesia menggandeng e-commerce maupun sejumlah label fesyen dalam negeri untuk memproduksi desain khusus sebagai bagian dari perayaan hari jadi Mickey Mouse ke-90. Fesyen edisi khusus ini diluncurkan dalam Jakarta Fashion Weel 2018.

Ikat Indonesia menghabiskan lima bulan mempersiapkan desain khusus untuk perayaan hari jadi Mickey Mouse ke-90 di Indonesia. Didiet Maulana selaku pendiri label fesyen ini menyatakan, modal utama adalah riset yang komprehensif.

"Kami siapkan riset terlebih dulu tentang apa yang ingin kami tampilkan. Di luar negeri, Disney ini gandeng nama brand besar seperti Gucci. Jadi, kami seperti membawa nama negara. Kami serius saat garap riset," tuturnya, di Jakarta, Senin (22/10).

(Baca juga: Cerita Didiet Maulana Rancang Busana Sri Mulyani hingga Lagarde)

Hasil riset yang dilakukan tim Ikat Indonesia fokus kepada tiga aspek, salah satunya adalah tren seni pada saat karakter Mickey Mouse lahir pada 1929. Didiet menyebutkan bahwa saat itu yang sedang naik daun adalah art deco.

Poin lain adalah bagaimana mengawinkan ikon Mickey Mouse dengan karakter tenun ikat. Nah, aspek terakhir ialah segmen pasar yang hendak dibidik, yakni ditetapkan menyasar kaum muda perkotaan.

Didiet membenarka bahwa proses memadukan ikon Mickey Mouse dengan karakter tenun ikat memiliki tantangan tersendiri. "Warna juga menantang untuk dipadukan," tuturnya.

(Baca juga: Tak Hanya Produk Fesyen Tenun, Sosok Perajin Juga Perlu Disorot)

Produk fesyen yang dibuat Ikat Indonesia, salah satunya kain bercorak tenun dengan motif Mickey Mouse pada salah satu sisinya. Kain ini dapat dipakai sebagai kerudung maupun scraft. Merek fesyen yang berdiri pada 2011 ini juga mendesain baju khusus untuk boneka Mickey.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...