WhatsApp Tutup Ratusan Ribu Akun Jelang Pemilu di Brasil

Pingit Aria
22 Oktober 2018, 16:39
WhatsApp
PXHERE.COM
Ilustrasi WhatsApp

Whatsapp menutup ratusan ribu akun penyebar spam dan hoaks politik menjelang Pemilu di Brasil. Dengan sistem enkripsi yang diterapkan, WhatsApp kesulitan mengontrol peredaran pesan antara pengguna pada platform-nya.

“Kami menggunakan teknologi untuk mendeteksi spam dan mengidentifikasi akun-akun dengan perilaku yang abnormal agar mereka tak lagi bisa disalahgunakan untuk menyebarkan berita palsu,” kata perwakilan WhatsApp kepada Bloomberg, 20 Oktober 2018 lalu.

Advertisement

Pemilu Brasil akan digelar pada 28 Ooktober 2018, di mana politisi sayap kanan Jair Bolsonaro akan menghadapi perwakilan dari Partai Buruh, Fernando Haddad. Sebagaimana dikutip Reuters, Minggu (21/10), Haddad menuding kubu Bolsonaro, telah membanjiri WhatsApp dengan sederetan berita palsu yang membuat pemilih resah. Tentu hal ini dibantah oleh kubu Bolsonaro.

Di Brasil, WhatsApp memiliki lebih dari 120 juta pengguna. Sementara, jumlah penduduk di sana mencapai 210 juta jiwa.

Tak hanya itu, Brasil juga menjadi salah satu pasar penting bagi perusahaan induk WhatsApp, yakni Facebook. Maka, maraknya fake news dan hoaks di platform tersebut jadi perhatian serius.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement