Ini Saham-saham yang Bisa Jadi Pilihan di Tengah Gejolak Bursa

Hari Widowati
23 Oktober 2018, 14:40
bursa saham
Agung Samosir|KATADATA
bursa saham

Pergerakan pasar saham domestik masih dihantui ketidakpastian perekonomian dunia. Investor asing menarik dananya dari bursa negara-negara berkembang, termasuk Indonesia meskipun kinerja fundamental ekonomi sehat. Saham-saham sektor retail, telekomunikasi, dan konsumer masih bisa menjadi pilihan investor di tengah gejolak ini.

Analis PT Bahana Sekuritas Muhammad Wafi mengatakan, angka penjualan retail dan kinerja keuangan sejumlah korporasi masih mencatat kinerja positif hingga kuartal III 2018. "Penjualan semen mulai memperlihatkan tren kenaikan hingga kuartal III 2018, tumbuh 4,9% dibandingkan periode yang sama tahun lalu," ujar Wafi.

Penjualan mobil secara wholesale naik 6,8% sedangkan secara retail meningkat 10,8% hingga kuartal III 2018. Penjualan motor juga tumbuh 8,8% pada periode Januari-September 2018. Bahkan, beberapa emiten retail mencatat pertumbuhan rata-rata penjualan di setiap toko atau same sales store growth (SSSG). PT Ace Hardware Tbk (ACES) membukukan kenaikan SSSG sebesar 11,3% (year on year) pada September 2018. Sementara itu, PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) juga mencatat kenaikan SSSG sebesar 11%.

"Kinerja keuangan emiten dan perekonomian Indonesia secara domestik masih cukup baik hingga kuartal III tahun ini. Namun, masih ada sejumlah risiko yang perlu diamati, antara lain harga minyak dunia yang cenderung naik, sedangkan harga batu bara dan CPO masih tertekan karena permintaan yang turun," ujar Wafi.

Dengan memperhatikan kinerja emiten hingga kuartal III 2018 dan risiko perekonomian domestik maupun global, Bahana merekomendasikan beli beberapa saham pilihan yang terbilang aman dan tahan uji di tengah berbagai gejolak. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) menjadi salah satu saham yang dipilih karena operator telekomunikasi terbesar di Indonesia ini akan mengantongi keuntungan hingga akhir tahun selama pengguna telekomunikasi dan paket data masih tinggi. Apalagi, Telkom juga rajin membagikan dividen.

Pilihan berikutnya adalah PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT Gudang Garam (GGRM), PT Aces Hardware Tbk (ACES), dan PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) yang dinilai cukup. Kinerja keempat emiten tersebut didukung oleh daya beli masyarakat untuk kelas masyarakat menengah ke bawah yang masih kuat serta rencana kenaikan upah minimum provinsi sekitar 8%. Bahana juga merekomendasikan beli saham PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) yang merupakan pemain terbesar di industri semen dengan jaringan yang luas hampir di seluruh Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...