20 Perusahaan Sudah Uji Coba, Standardisasi QR Code Dirilis Awal 2019

Desy Setyowati
24 Oktober 2018, 10:02
Go-Pay
Go-Jek
Ilustrasi pembayaran melalui QR Code Go-Pay.

Sekitar 20 perusahaan sudah mengimplementasikan proyek percontohan standardisasi Quick Response (QR) code sejak Agustus lalu. Untuk itu, Bank Indonesia (BI) diperkirakan bakal merilis standardisasi QR code pada awal 2019.

Mulanya, hanya 12 perusahaan yang menjalankan standardisasi kode QR. Namun, belakangan ada beberapa perusahaan yang turut mengajukan izin ke BI untuk mengimplementasikan proyek percontohan tersebut.

"Hampir 20 (perusahaan) sepertinya yang ikut," ujar CEO TCash Danu Wicaksana kepada Katadata di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (23/10). "Perkiraan saya, (standardisasinya) terbit Februari 2019, atau lebih cepat."

Aplikasi mobile financial services dari Telkomsel, TCash merupakan salah satu perusahaan yang menjalankan standardisasi kode QR sejak Agustus 2018. Selain TCash, PT Dompet Anak Bangsa atau Go- Pay; PT Visionet Internasional (OVO); aplikasi besutan PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk, Your All Payment atau Yap!; serta, PT Artajasa Pembayaran Elektronik juga turut berpartisipasi.

(Baca juga: Sulit Dapat Izin, E-Commerce Berebut Mitra Fintech Pembayaran)

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Onny Wijanarko membenarkan bahwa ada beberapa perusahaan baru yang mengajukan izin untuk berpartisipasi dalam proyek percontohan tersebut. "Ada beberapa (yang mengajukan). Tapi kami pilih yang siap dr sisi bisnis dan teknologinya," kata dia.

Halaman:
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...