BPS: Surplus Beras 2,85 Juta Ton Hanya Cukup Buat Konsumsi Sebulan

Rizky Alika
25 Oktober 2018, 20:04
Ilustrasi Beras Bulog
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

Berdasarkan perhitungan terbaru Badan Pusat Statistik (BPS), surplus beras tahun ini hanya mencapai 2,85 juta ton. Kepala BPS Suhariyanto menyebut surplus tersebut kurang lebih setara dengan konsumsi beras masyarakat selama sebulan.

“Konsumsi 2,5 juta (ton) sebulan. Kalau hitung-hitungan kasar saja, surplus itu hanya cukup untuk satu bulan,” kata dia di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik di Jakarta, Kamis (25/10). (Baca: Menko Darmin: Data Beras BPS Hilangkan Perdebatan Soal Impor)

Ia menambahkan, surplus beras tersebut tersebar di berbagai pihak seperti rumah tangga petani, rumah tangga konsumen, Bulog, pedagang, penggilingan, hingga hotel dan restoran. Adapun sekitar 44% surplus beras berada di rumah tangga petani. Ini artinya, dengan memperhitungkan jumlah petani yang sebanyak 14,1 juta jiwa, maka rata-rata petani menyimpan 7,5 kilogram per rumah tangga per bulan.

Atas dasar itu, ia menekankan pentingnya pengelolaan surplus dan cadangan beras. “Tapi saya pikir tahun ini amanlah, cadangan di Bulog bagus, berbeda dengan tahun lalu yang di bawah 1 juta ton,” kata dia.

BPS baru saja merilis data produksi beras. Data itu disebut lebih akurat dibandingkan data produksi beras sebelumnya, termasuk data Kementerian Pertanian (Kementan). Sebab, pendataan dilakukan dengan mekanisme yang lebih komprehensif. Data tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menetapkan kebijakan beras yang lebih baik.

Berdasarkan perhitungan BPS, potensi luas panen tahun 2018 mencapai 10,9 juta hektar dengan produksi 56,54 juta ton gabah kering giling atau setara 32,42 juta ton beras. Sementara itu, angka konsumsi sebesar 29,5 juta ton dengan angka konsumsi per kapita 111,58 kilogram dalam setahun. Alhasil, surplus beras Indonesia tahun 2018 hanya mencapai 2,8 juta ton.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...