Didominasi Kesepakatan Investasi, Trade Expo Cetak Transaksi Rp 126 T

Michael Reily
30 Oktober 2018, 18:33
Trade Expo Indonesia 2018
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Seorang wanita sedang membentang kain batik dalam acara Trade Expo Indonesia 2018. TEI merupakan ajang promosi tahunan berskala internasional yang menampilkan produk dan jasa Indonesia berorientasi pasar ekspor.

Penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 berhasil mencetak transaksi mencapai US$ 8,45 miliar atau setara Rp 126,77 triliun. Nilainya lebih tinggi lima kali lipat dari target semula yang ditetapkan  sebesar US$ 1,5 miliar.

Menteri Perdagangan Enggartiasto menyatakan peningkatan transaksi berdasarkan kerja keras pemerintah dan pelaku usaha. "Semua pihak telah mendatangkan pembeli dan kontrak dagang yang potensial," kata Enggar dalam keterangan resmi, Selasa (30/10).

Advertisement

Transaksi dari sektor investasi sebesar US$ 5,55 miliar menjadi penyumbang terbesar  dari nilai transaksi yang dibukukan TEI 2018 diikuti transaksi produk sebesar US$ 2,73 miliar yang berasal dari transaksi produk barang sebesar US$ 1,42 miliar dan produk jasa senilai US$ 1,31 miliar. Adapun transaksi pariwisata mencetak transaksi sebesar US$ 170,5 juta.

(Baca:  Ditopang Arab Saudi, Trade Expo Hari Ketiga Cetak Transaksi Rp 913 M)

Enggar mengungkapkan, transaksi produk barang berasal dari transaksi Nota Kesepahaman (MoU) misi pembelian produk sebesar US$ 811 juta, transaksi langsung saat pameran US$ 470,65 juta, misi dagang lokal US$ 85,6 juta, business matching US$ 51,29 juta, dan Pameran Kuliner dan Pangan Nusantara US$ 680 ribu.

Menurutnya, banyak produk  dalam negeri yang diminati pembeli, antara lain dari sektor informasi dan teknologi, makanan olahan, produk-produk kimia, minyak kelapa sawit mentah (CPO), produk perikanan, serta kertas dan produk kertas. Sedangkan, negara-negara dengan nilai transaksi perdagangan keseluruhan terbesar yakni dicatat Arab Saudi, Jepang, Inggris, Mesir, dan Amerika Serikat.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement