Persaingan Bunga Deposito Sengit, LPS Naikkan Bunga Penjaminan

Hari Widowati
30 Oktober 2018, 19:41
Rupiah
Donang Wahyu|KATADATA

Persaingan bunga deposito perbankan semakin sengit pasca kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) sebesar 150 basis poin (bps) ke level 5,75% sepanjang tahun ini. Hal ini menjadi salah satu alasan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) untuk menaikkan suku bunga penjaminan untuk simpanan rupiah di bank umum dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebesar 25 bps.

Rapat Dewan Komisioner (RDK) LPS pada 29 Oktober 2018 menetapkan tingkat bunga penjaminan untuk periode 31 Oktober 2018 hingga 12 Januari 2019 untuk simpanan rupiah di bank umum naik 25 bps menjadi 6,75% sedangkan di BPR menjadi 9,25%. Adapun bunga penjaminan untuk simpanan valas di bank umum tetap sebesar 2%.

Advertisement

Anggota Dewan Komisioner LPS Destry Damayanti mengatakan, ada tiga pertimbangan yang mendasari kenaikan suku bunga penjaminan tersebut. Pertama, suku bunga simpanan perbankan terus naik merespons kenaikan suku bunga kebijakan moneter dan kenaikan ini masih berpotensi berlanjut. Kedua, kondisi dan risiko likuiditas masih relatif terjaga namun ada tendensi meningkat di tengah tren kenaikan bunga simpanan dan membaiknya penyaluran kredit. Ketiga, stabilitas sistem keuangan (SSK) terpantau stabil meski terdapat tekanan yang berasal dari penurunan nilai tukar dan volatilitas di pasar keuangan.

LPS menggunakan 62 bank sebagai benchmark untuk melihat tren kenaikan bunga simpanan rupiah. Pada periode 23 September hingga 23 Oktober 2018 ada kenaikan bunga simpanan rupiah sebesar 9 bps menjadi 5,98%. Untuk suku bunga simpanan dalam valas, LPS menggunakan 19 bank sebagai benchmark. Pada periode yang sama,ada kenaikan 6 bps menjadi 1,11%. "Tren suku bunga simpanan terus meningkat merespons kenaikan suku bunga acuan moneter. Distance margin atau perbendaan antara suku bunga di Bank BUKU III-IV dan I-II semakin menipis," kata Destry.

(Baca: LPS: Likuiditas Bank Ketat, LDR 94% Perlu Diwaspadai)

Likuiditas Ketat

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement