Sebelum Membuat Rencana Bisnis Pastikan Punya Tiga Hal Ini

Dini Hariyanti
31 Oktober 2018, 15:49
Tech in Asia
Arief Kamaludin|KATADATA
Jumlah pendanaan startup hingga kuartal II-2016 mencapai Rp 2,09 triliun, atau melonjak tinggi dibandingkan kuartal sama tahun lalu sebesar Rp 68,4 miliar.

Perencanaan merupakan hal penting bagi siapapun yang hendak memulai sebuah usaha. Tapi bagi Pendiri Maubelajarapa.com Jourdan Kamal, terdapat aspek yang lebih mendasar sebelum membuat rencana bisnis.

"Sebelum semua itu, tanyakan dulu kepada diri kita tentang tiga hal, yaitu kapabilitas, sumber daya, dan hati atau passion kita ada di sana atau tidak," katanya menjawab Katadata.co.id, Rabu (31/10).

Jourdan menjelaskan, kapabilitas mencakup pengetahuan dan keterampilan atas berbagai hal terkait bisnis yang akan dijalankan. Sementara itu, sumber daya lebih terkait modal untuk memulai usaha, seperti dana, tim, dan keleluasan waktu.

(Baca juga: Cermat Melihat Kekurangan, Pebisnis Kuliner Akui Butuh Bimbingan Ahli)

Dengan kata lain, imbuh Jourdan, mengembangkan ide bisnis sebaiknya memulai dari apa yang dimiliki. Tidak hanya talenta personal, bisa juga terkait pengalaman kerja, hubungan sosial, gaya hidup pribadi, atau hasil pengamatan terhadap aktivitas sehari-hari di sekitar kita.

"Discover your idea seperti halnya discover yourself. Bisnis itu pada dasarnya tentang menyelesaikan masalah orang lain dengan cara yang bisa menghasilkan profit. Tanyakan, apakah idemu dapat menyelesaikan suatu masalah," tuturnya.

Setelah tiga aspek (kapabilitas, sumber daya, dan hati) dapat terpenuhi barulah mulai mengeksplorasi ide yang dimiliki. Pada tahap ini juga terdapat tiga langkah, yaitu mendeskripsikan ide, meninjau ulang ide, dan melakukan riset komprehensif.

(Baca juga: Bisnis Kuliner di Luar Jakarta? Ini Saran Chicken Crush dan Burgreens

Jourdan menyarankan, setelah ide yang dimiliki selesai ditulis sebaiknya beri jeda beberapa hari atau bulan sebelum meninjau ulang. Hal ini bertujuan menenangkan diri guna memastikan gagasan yang muncul bukan sekadar antusias berlebihan sesaat.

"Kalau ide tersebut kepikiran terus, menurut saya pribadi, itu bisa menjadi tanda mungkin jalan kita ada di sana. Lalu lakukan tinjauan ulang atas ide tersebut termasuk refleksikan ke diri, bagaimana cara mengeksekusinya," kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...