Menhub: Baru Satu Bagian Kotak Hitam Lion Air JT 610 yang Ditemukan

Ameidyo Daud Nasution
1 November 2018, 18:26
Lion Air Jatuh
Ajeng Dinar Ulfiana|KATADATA.
Para petugas Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengangkat kotak Black Box di kawasan Jakarta International Container Terminal (JICT) II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, (1/11). Kotak hitam atau black box pesawat Lion Air JT-610 sudah ditemukan di perairan Karawang. Kotak hitam ditemukan oleh penyelam dari kapal Baruna Jaya I dengan titik koordinat 05° 48'46,2" LS dan 107° 07' 36,88" BT sekitar pukul 09.30 WIB. Kotak hitam akan diserahkan ke pihak berwenang dalam hal ini Komite Nasional Kesel

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut baik ditemukannya kotak hitam pesawat Lion Air JT-610 oleh tim pencari. Namun menurutnya, saat ini baru satu bagian kotak yang telah ditemukan.

"Diharapkan satu lagi ditemukan agar lengkap," kata Budi saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (1/11).

Budi menjelaskan black box pesawat terdiri dari dua bagian. Yang pertama adalah Flight Data Recorder (FDR) yang merekam data penerbangan, dan satu lagi adalah Voice Data Recorder (VDR) yang mereka percakapan pilot. Meski tidak menyebut bagian mana yang telah diangkat, Budi menyatakan bahwa satu bagian telah dibawa ke Pelabuhan Tanjung Priok.

(Baca juga: Setelah Direktur Teknik, Menhub Bekukan Tiga Pejabat Lion Air)

Setelah ditemukan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) meneliti laporan tersebut. Sesudahnya, pemerintah akan menerima laporan rekomendasi hasil investigasi tersebut.

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II tersebut juga akan menuju Jakarta International Comtainer Terminal (JICT) untuk memastikan kondisi kotak hitam yang telah terangkat. Setelahnya dia akan berkoordinasi dengan KNKT untuk mengambil langkah lanjut.

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...